Indahnya Pesona Alam Talaga Bodas, Pilihan Wisata Menarik untuk Liburan Akhir Tahun di Garut

Indahnya Pesona Alam Talaga Bodas, Pilihan Wisata Menarik untuk Liburan Akhir Tahun di Garut

Travel | BuddyKu | Selasa, 27 Desember 2022 - 14:11
share

GARUT, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Talaga Bodas adalah salah satu tempat wisata di Garut. Wisata satu ini bisa menjadi destinasi pilihan untuk Anda dan keluarga menghabiskan waktu liburan akhir tahun.

Talaga Bodas merupakan wisata alam yang menyajikan pemandangan indah bagi para pengunjungnya.

Talaga Bodas dalam bahasa Sunda memiliki arti talaga yang bermakna kolam. Sedangkan bodas memiliki arti putih.

Jadi secara keseluruhan, Telaga Bodas memiliki arti kolam yang putih.

Maka tak heran, jika tempat wisata di Garut ini selalu mampu menghipnotis setiap pengunjungnya karena keindahan alamnya yang menawan.

Nah, berikut ini keindahan alam yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Talaga Bodas:

1. Kawah Biru yang Menawan

Saat tiba di wisata ini, Moms disambut sebuah kawah atau danau dengan warna biru yang agak keputihan.

Kawah ini memiliki pemandangan bukit-bukit hijau di sekitarnya yang menambah keindahan panorama dari tempat wisata Talaga Bodas.

Selain itu, ketika cuaca habis hujan atau suhu sedang dingin, mudah sekali menjumpai kabut tipis yang ada di atas danah dan daerah sekitarnya.

Perlu diketahui, Talaga Bodas berisi kandungan belerang alami karena kawah Gunung Talaga Bodas terbilang gunung yang masih berstatus aktif.

Namun, tidak berbahaya karena tidak memberikan dampak vulkanik.

2. Kolam Air Panas

Panorama menarik lainnya yang bisa dijumpai di Talaga Bodas adalah adanya kolam air panas yang lokasinya bersebelahan dengan kawah biru.

Pengunjung bisa berendam di kolam air panas ini sambil relaksasi.

Kalian tak perlu mengeluarkan biaya tambahan berendam di kolam air panas ini karena harga tiketnya menjadi satu dengan tiket masuk.

Jadi, bisa dikatakan kalau tidak ada biaya tambahan untuk berendam di kolam air panas alias gratis.

3. Berfoto

Tak lengkap rasanya jika datang ke wisata ini tanpa mengabadikannya dengan cara berfoto. Pemandangan di sekitar area wisata Talaga Bodas yang indah akan terlihat apik saat difoto.

Berhubung memiliki pemandangan yang indah, Talaga Bodas ini sering dijadikan sebagai tempat foto prewedding atau tempat pemotretan komersial.

Tentu saja, ada biaya tambahan yang dikenakan jika ingin melakukan foto prewedding atau tempat pemotretan komersial.

4. Berkemah

Selain berfoto, pengunjung juga bisa berkemah di Talaga Bodas Garut ini. Di sini ada camping ground khusus yang disediakan buat pengunjung yang ingin berkemah.

Sayangnya jika ingin berkemah, kalian harus membawa perlengkapan berkemah karena pihak pengelola tidak menyediakan peralatan berkemah.

5. Trekking dan Hiking

Buat pengunjung yang suka trekking dan hiking, kawasan wisata ini cocok sebagai pilihan berlibur. Tanahnya berbukit dan menanjak dengan tingkat kemiringan tinggi cenderung curam.

Penduduk lokal memanfaatkan kondisi tanah ini untuk dijadikan sebagai sayuran.

Wisata Talaga Bodas ini memiliki harga tiket masuk hanya sekitar Rp10.000 saja. Fasilitas di tempat wisata ini pun cukup lengkap.

Mulai dari toilet, kamar mandi, musholla, warung makan, hingga lahan parkir yang cukup luas sehingga bus bisa masuk dan parkir dengan leluasa.