8 Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna Beserta Penjelasannya

8 Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna Beserta Penjelasannya

Travel | BuddyKu | Rabu, 21 Desember 2022 - 17:01
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh-contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Metamorfosis adalah perkembangan biologis hewan. Metamorfosis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah perubahan bentuk, susunan, atau peralihan bentuk yang dialami oleh hewan.

Perkembangan biologis hewan atau metamorfosis memiliki beberapa jenis yakni tanpa metamorfosis, metamorfosis bertingkat, metamorfosis tidak sempurna, dan metamorfosis sempurna.

Tanpa metamorfosis

Hewan tanpa metamorfosis dapat dicirikan dari ukuran tubuh yang bertambah besar, misalnya serangga yang sejak pertama kali menetas memiliki kemiripan dengan serangga dewasa. Contoh hewan tanpa metamorfosis antara lain serangga ngengat dan ekor gunting.

Metamorfosis bertingkat

Hewan dengan metamorfosis bertingkat mengalami perubahan biologi dengan cara perubahan secara bertahap. Mulai dari ukurannya yang semakin besar, tumbuhnya sayap, dan pergantian kulit. Contoh hewan dengan metamorfosis bertingkat antara lain walang sangit, wereng, jangkrik, kecoa, belalang, kepil, dan lain-lain.

Metamorfosis tidak sempurna

Hewan yang memiliki metamorfosis tidak sempurna biasanya mengalami beberapa modifikasi pada organ tubuhnya.

Metamorfosis sempurna

Metamorfosis sempurna adalah tahapan perubahan fisik yang sempurna, yaitu dari tahap telur, larva, pupa, kepompong, dan dewasa.

8 Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna

1.Katak

Katak termasuk kedalam hewan yang memiliki metamorfosis sempurna. Mulanya katak dewasa akan bertelur, ketika telur menetas berubah menjadi berudu. Kemudian berudu dengan empat kaki, lalu berubah menjadi katak muda, dan akhirnya berubah menjadi katak dewasa.

2.Kupu-kupu

Metamorfosis sempurna kupu-kupu diawali dengan kupu-kupu dewasa bertelur, telur menetas menjadi ulat kecil, ulat kecil menjadi dewasa, ulat dewasa menjadi kepompong, dan kepompong menjadi kupu-kupu dewasa.

3.Kumbang

Perubahan biologis kumbang dimulai dari tahap telur, lalu telur menetas menjadi larva. Kemudian larva berubah menjadi pupa, selanjutnya pupa menjadi kepompong, dan akhirnya kepompong menjadi kumbang dewasa.

4.Nyamuk

Nyamuk termasuk serangga yang memiliki metamorfosis sempurna. Bermula dari nyamuk dewasa bertelur dan menetas menjadi larva atau jentik. Kemudian jentik nyamuk berubah menjadi pupa hingga akhirnya pupa berubah menjadi nyamuk dewasa.

5.Lalat

Serangga bersayap dua ini memiliki metamorfosis sempurna. Diawali dari lalat dewasa bertelur dan menetas menjadi larva. Lalu larva berubah menjadi pupa. Selanjutnya pupa berubah menjadi lalat dewasa.

6.Lebah

Lebah dewasa bertelur dan menetas menjadi larva, kemudian larva berubah menjadi kepompong dan berubah menjadi lebah dewasa.

7.Semut

Semut dewasa akan bertelur dan menetas menjadi larva. Lalu larva berubah menjadi pupa dan pupa berubah menjadi semut dewasa.

8.Puthul

Puthul merupakan serangga yang memiliki bentuk seperti kumbang. Kumbang dewasa bertelur dan menetas menjadi larva. Lalu larva berubah menjadi kepompong dan kepompong berubah menjadi serangga dewasa.

Demikianlah contoh-contoh hewan yang memiliki metamorfosis secara sempurna yang bisa kamu jadikan bahan belajar mengenai perkembangan biologis hewan.

Topik Menarik