5 Fakta Menarik Pulau Natal Milik Australia Dekat Indonesia

5 Fakta Menarik Pulau Natal Milik Australia Dekat Indonesia

Travel | BuddyKu | Rabu, 21 Desember 2022 - 11:55
share

Di tiga negara bagian dan teritori Australia, terdapat suatu pulau bernama Pulau Natal. Pulau ini hanya memiliki luas sekitar 13.500 hektar saja. Luas ini mirip dengan Kota Batu .

Meskipun tak begitu luas, Pulau milik Australia ini menyimpan banyak fakta menarik dibaliknya. Salah satunya adalah pulau ini sangat dengan dengan pulau Jawa, Indonesia, yakni sekitar 491 Km saja.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai pulau ini, berikut fakta menarik Pulau Natal beserta sejarahnya yang dapat kamu ketahui!

Sejarah Singkat Pulau Natal

fakta pulau Natal
Ilustrasi pulau Natal (tripadvisor.co.uk)

Pulau Natal pertama kali ditemukan kapten William Mynors dari kapal Royal Mary milik English East India Company . Saat itu ia sedang melintasi pulau ini saat hari Natal tahun 1643.

Sejak saat itu, pulau ini menjadi pangkalan militer tentara sekutu Inggris untuk melawan Jepang pada Perang Dunia I dan II. Setelah Jepang takluk, pulau ini diserahkan pada negara Australia.

Hingga kini, Pulau Natal ditempati oleh mayoritas penduduk lokalnya yang bersuku Melayu dan beretnis Tionghoa, serta Eropa.

Sederet Fakta Menarik Pulau Natal

fakta pulau Natal
Ilsutrasi christmas Island (christmas.net.au)

Setelah mengetahui sejarah menarik mengenai Pulau Natal, kamu juga harus tahu beberapa fakta menarik lainnya pulau ini.

1. Habitat kepiting merah terbesar di dunia

Pulau Natal menjadi habitat atau tempat migrasi terbesar bagi kepiting merah.Terdapat 4 hingga 50 juta lebih kepiting darat berwarna merah di pulau ini pada akhir bulan November hingga Desember.Uniknya, jalan-jalan di pulau ini banyak dipenuhi oleh Kepiting Merah.

2. Pulau yang ketat akan imigran gelap

Fakta menarik Pulau Natal lainnya adalah pulau ini memiliki penjagaan ketat bagi imigran gelap.

Hal tersebut karena Pulau Natal dipergunakan oleh pemerintah Australia sebagai pengamanan terhadap imigran gelap yang datang melalui jalur laut.

3. Dulunya pulau terisolasi

Pulau Natal juga pernah menjadi salah satu pulau terisolasi dari jangkauan manusia. Ini karena pada abad ke-19, pulau ini tidak ada yang memiliki, sehingga menjadi terisolir.

4. Penduduk beragama Islam menjadi mayoritas kedua

Meskipun pulau ini menjadi pulau Neraka bagi imigran gelap, nyatanya pulua ini menjadi tempat transit bagi para migran yang sedang memperjuangkan kewarganegaraan Amerika.

Diantara para migran tersebut, umat Islam menjadi penduduk beragama mayoritas kedua. Adapun sebagian umat yang ikut menyebarkan agama ini.

Dikutip dari Orami yang menyadur Index Mundi , agama yang dianut terbanyak oleh warga pulau ini adalah umat Islam, yakni sebanyak 19.4 persen dari total kurang lebih 1.400 jiwa.

Selain itu, penduduk agama Buddha mencapai 18,3 persen jiwa, adapun Roman Katolik, Protestan, serta beberapa agama lainnya yang mencapai 27.7 persen.

5. Daya tarik wisatanya menawan

Meskipun pulau ini sangat kecil, nyatanya, pulau Natal menyimpan sedikit banyak objek wisata yang menarik dan menawan.

Salah satu daya tarik Christmas Island adalah pulau ini menjadi spot terbaik untuk scuba diving. Selain itu, adapun Taman Nasional yang memiliki aneka spesies burung serta hewan lainnya.

Cara Menuju Pulau Natal

pulau Natal
Ilustrasi Christmas Island (taste2travel.com)

Meskipun pulau Natal ini adalah pulau kecil yang berada di Australia, kamu bisa berlibur ke pulau ini dengan menggunakan pesawat terbang langsung dari Indonesia ke Pulau Natal, maupun dari Indonesia menuju Perth, Australia.

Nah, itulah beberapa sejarah dan fakta menarik dari Pulau Natal. Berlibur ke Pulau ini bisa menjadi pengalaman baru bagi kamu.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik