Masyarakat Bangka Tengah Kembangkan Kepiting Bakau Sistem Crab Box Apartemen

Masyarakat Bangka Tengah Kembangkan Kepiting Bakau Sistem Crab Box Apartemen

Travel | BuddyKu | Jum'at, 16 Desember 2022 - 14:16
share

BANGKA TENGAH, Lintasbabel.iNews.id - Setelah sukses membuat percontohan budidaya kepiting bakau menggunakan sistem Crab Box Apartemen, atau apartemen kepiting di Penangkaran Penyu Desa Guntung Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, beberapa waktu lalu. Saat ini peluang usaha ini telah dilirik masyarakat Kabupaten Bangka Tengah.


Kepiting Bakau hasil budidaya menggunakan sistem crab box apartemen. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rachmat Kurniawan.

Terbukti saat ini telah ada dua kelompok petambak kepiting bakau yang mulai mengembangkan kepiting bakau dengan sistem ini.

Seperti yang terpantau di salah satu kelompok petambak kepiting bakau yang berada di Desa Kurau Barat Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah. Dengan dibantu Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikananya, kelompok petambak kepiting bakau ini telah memiliki 40 apartemen box yang mampu menampung 40 kepiting bakau. Bahkan bila di lakukan penyekatan, apartemen box ini mampu menampung 80 ekor kepiting bakau.

Memiliki apartemen kepiting ini memang sudah menjadi impian kami, setelah melihat proses penggemukan kepiting bakau yang ada di Penangkaran Penyu Desa Guntung milik Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah. Melihat contoh yang kita pelajari, penggemukan kepiting bakau menggunakan apartemen box ini tidak begitu lama, cukup dua minggu berat kepiting meningkat signifikan, ujar petambak kepiting bakau, Jufri pada Jumat (16/12/2022).

Lebih lanjut dikatakanya, dalam pengembangan apartemen bok kepiting bakau, pihaknya dibantu oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah.

Budidaya kepiting bakau ini sangat menarik sekali, dan kita dibantu oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah untuk apartemen boxnya, maka menambah semangat kita untuk mengembangkan kepiting bakau, ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengaku bersyukur peluang usaha baru untuk meningkatkan perekonomian masyarakat seperti budidaya kepiting bakau menggunakan sistem Crab Box Apartemen telah dilirik masyarakat. Tentunya pihaknya siap untuk mendukung pengembangan kepiting bakau oleh masyarakat.

Sebelumnya kita telah mengujicobakan pengembangan kepiting bakau dengan sistem Crab Box Apartemen ini di Desa Guntung, dan sudah berhasil. Maka saat ini kita telurkan kepada masyarakat untuk mengembangkannya. Jadi saat ini sudah ada Dua kelompok yang mengembangkannya, ujar Algafry.

Nantinya, kata Algafry, pihaknya juga akan mengembangkan sistem ini kepada kelompok petambak yang ada di sejumlah Kecamatan yang ada di daerahnya.

Selain dua kelompok petambak ini, nantinya kita juga akan kembangkan di Kecamatan Sungaiselan, Desa Batu Batu Belubang Kecamatan Pangkalan Baru, Desa Batu Beriga Kecamatan Lubuk Besar, dan juga di daerah pesisir lainya yang ada di daerah kita, ujarnya.

Selain itu, Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah Imam Soehadi mengungkapkan jika Crab Box Apartemen ini sangat menguntungkan bagi petambak kepiting bakau. Dimana cukup dengan Dua pekan petambak sudah mampu memanen kepiting bakau dengan berat yang cukup memuaskan.

Jadi sistem ini adalah penggemukan kepiting bakau, cukup dalam tempo 15 hari, kepiting mampu dibesarkan dengan bobot yang signifikan, ujarnya.