Undian Nomor Urut Partai Peserta Pemilu 2024 Kocok Ulang Atau Tidak Rakyat Sih Terserah Saja

Undian Nomor Urut Partai Peserta Pemilu 2024 Kocok Ulang Atau Tidak Rakyat Sih Terserah Saja

Travel | BuddyKu | Rabu, 14 Desember 2022 - 06:44
share

Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum telah diterbitkan Selasa (6/12) lalu.

Perppu tersebut mengakomodir usulan agar nomor urut partai politik (parpol) peserta Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 tidak perlu lagi diundi pada Pileg 2024. Bahkan, Perppu ini juga memberikan keleluasaan kepada parpol peserta Pileg 2019 untuk memilih, apakah hendak menggunakan nomor urut pada Pileg 2019 atau ikut undian nomor urut baru untuk Pileg 2024.

Khusus untuk partai politik lokal Aceh peserta pemilu, nomor urutnya akan tetap diundi dengan pengaturan lebih lanjut dalam Peraturan KPU.

Usul soal tidak perlu diundinya nomor urut parpol lama, mulanya dilontarkan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dalam lawatannya ke Seoul, Korea Selatan, pada Jumat (16/9).

Megawati klaim, usulan tersebut untuk penghematan biaya alat peraga kampanye. Gayung bersambut. Usul tersebut disambut baik partai-partai politik di Senayan.

Ketua Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU), Idham Holik mengatakan, pihaknya telah resmi menerima Perppu Pemilu tersebut.

Kemarin Perppu Pemilu sudah diberikan nomor di dalam lembaran negara. Yaitu Perppu Nomor 1 Tahun 2022, katanya.

Idham menjelaskan, sesuai Pasal 179 Perppu Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pemilu, partai politik yang telah memenuhi ketentuan ambang batas perolehan suara secara nasional pada 2019 dapat menggunakan nomor urut yang lama.

Bagi parpol peserta pemilu sebelumnya tapi tidak melampaui angka parliamentary threshold , maka akan mengikuti pengundian nomor urut bersama pada 14 Desember 2022 bersamaan dengan parpol baru, jelasnya.

Netizen tidak mempermasalahkan nomor urut parpol. Terpenting adalah parpol menghadirkan program-program yang bagus, prorakyat dan mengusung calon-calon legislatif yang visioner, bersih dan tidak koruptif.

Perppu Pemilu terbit. Parpol di DPR bebas pakai nomor urut lama atau ikuti pengundian, kata @ ajengcute16 .

Akun @ titianggraini menilai isi Perppu kurang memberikan kepastian prosedur dan kejelasan teknis terkait nomor urut bagi parpol DPR. Soalnya, parpol di Senayan diberikan opsi mau pakai nomor lama atau ikut pengundian.

Padahal, prosedur pemilu itu butuh pengaturan yang terukur dan pasti-pasti saja. Lagi pula nomor urut ini apa mendesaknya ya? kata @ ajengcute16 .

Akun @ priohananto menyambung, beberapa partai sudah mengeluarkan pernyataan ingin memakai nomor lama. Namun, di Perppu malah dibuka ruang permasalahan, boleh memilih menggunakan nomor urut lama atau ikut pengundian nomor urut.

Kocok ulang nomor urut parpol. Soalnya, ini Pemilu 2024, bukan 2019. Regulator jangan plin-plan, tegas @ HDFriza .

Menurut @ masenha , yang terpenting adalah gambar partai politik itu sendiri,bukan nomor urutnya. Kata dia, gambar partai politik yang akan diingat masyarakat. Kata @ Andy_Gunawan , pemilih akan mencoblos nama partai atau gambar.

Bukan cari nomernya, ujar @ Andy_Gunawan .

Akun @ Teguh mengaku heran, hanya gara-gara nomor urut partai politik ribut. Dia meminta petinggi parpol percaya diri saja, mau nomor urut berapapun kalau program-programnya bagus dan nyata pasti banyak rakyat yang akan milih.

Harusnya nomor urut parpol disesuaikan dengan nomor urutan perolehan suara Pemilu 2019, usul @ John_Gleewoe .

Akun @ AliBejo menjelaskan, kegiatan tahapan Pemilu 2024 yang dilaksanakan KPU dalam waktu dekat. Yakni pada 14 Desember 2022 penetapan partai politik (parpol) peserta pemilu, pengundian nomor urut parpol dan pengumuman parpol Peserta Pemilu 2024.

Rakyat lebih pilih kualitas parpolnya dan bukan nomor urut partai, kata @ Gunarto .

Sementara, @ harvens setuju dengan tidak berubahnya nomor urut parpol. Hal ini, kata dia, memudahkan untuk sosialisasi pada saat kampanye nanti. Apalagi durasi kampanye cuma sebentar pada Pemilu 2024.

Tanpa undian nomor urut, parpol bisa menghemat anggaran negara. Diajarkan untuk menghemat ko ngeyel lho , ujar @ Monggojamune . [TIF]

Topik Menarik