7 Hutan Terindah di Dunia Bak Negeri Dongeng, Nomor 3 Seperti Masuk ke Dunia Lain

7 Hutan Terindah di Dunia Bak Negeri Dongeng, Nomor 3 Seperti Masuk ke Dunia Lain

Travel | BuddyKu | Selasa, 22 November 2022 - 13:16
share

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Tak selamanya seram, deret hutan ini terkenal karena keindahannya yang bak negeri dongeng. Jika kamu memasuki hutan itu, berasa seperti masuk ke dunia lain.

Seperti diketahui, hutan sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan bumi. Peranannya dalam menjaga planet ini adalahuntukmenyerap karbondioksida yang ditimbulkan oleh manusia, kendaraan bermotor, limbah pabrik maupun sumber-sumber lainnya.

Dalam setiap negeri dongeng, hutan kerap menjadi latar tempat dalam ceritanya. Ada yang digambarkan sebagai tempat yang indah, ada juga yang digambarkan menyeramkan.

Meskipun ada banyak hutan di bumi ini, namun 7 hutan berikut ini memiliki pemandangan terindah di dunia, bahkan dijuluki seperti negeri dongeng.

Simak 7 hutan terindah di dunia bak negeri dongeng, seperti yang dilansir dari Treehugger :

1.The Crooked Forest Polandia

Ilustrasi

The Crooked Forest

Hutan terindah di dunia nomor pertama berlokasi di luar Nowe Czarnowo di Pomerania Barat, Polandia. Hutan ini disebut hutan bengkok atau the crooked forest.

Kenapa dinamakan seperti itu? Hal itu lantaran ada sekitar 400 pohon pinus dengan batang bagian bawah yang memiliki lekukan.

Alasan mengapa pohon-pohon pinus itu memiliki lekukan di bagian bawahnya masih menjadi misteri. Biasanya, pohon-pohon pinus memiliki batang yang tumbuh lurus, namun berbeda dengan hutan ini.

Ada berbagai teori yang mengungkap misteri lekukan pohon pinus yang terdapat di The Crooked Forest. Teori pertama, tangan manusia dianggap sebagai penyebabnya, namun alat atau teknik yang digunakan belum diketahui. Alasan mereka melakuka itu pun masih belum terungkap.

Teori lainnya mengatakan, seseorang dengan sengaja mengubah bentuk pohon agar menjadi melengkung, lantaran akan dipakai sebagai kayu bangunan. Teori terakhir mengatakan, bahwa salju yang luar biasa bisa menyebabkan lengkungan pada pohon di The Crooked Forest.

2. The Dark Hedges Irlandia Utara


The Dark Hedge sebenarnya meruupakan sebuah jalan diantara pohon beech di sepanjang Bregagh Road antara Armoy dan Stranocum di County Antrim, Irlandia Utara.

Bukan hutan biasa, pohon beech di hutan The Dark Hedges ini ditanam pada tahun 1700-an dengan fitur lanskap yang mengarah ke rumah besar bergaya Georgia.

Saat berada di antara pohon beech tersebut, Anda bisa melihat cabang-cabang pohon yang menutup dan berkelok, persis seperti jalan di negeri dongeng. Maka dari itu, tak heran banyak wisatawan berkunjung ke The Dark Hedges.

Lantaran keindahannya yang seperti negeri dongeng, The Dark Hedges ini dijadikan sebagailokasi syuting film Game of Thrones yang dinamakan Jalan Raja.

3.Forest of Son Doong Cave Vietnam


Hutan terindah di dunia bak negeri dongeng, berasa masuk ke dunia lain. Foto: The Orign Vietnam

Forest of Son Doong Cave ini terletak jauh di dalam gua terbesar di Vietnam. Gua tersebut memiliki tinggi langit-langit mencapai 500 kaki dan terdapat sungai yang dinamakan air sungai gua.

Sistem gua yang besar dan rumit ini diciptakan oleh air yang merembes ke bawah dari hutan hujan di atasnya, yang akhirnya mengukir batu. Jauh di dalam gua terdapat hutan yang subur, yang tumbuh 200 meter di bawah permukaan tanah di daerah di mana atap gua telah runtuh.

Forest of Son Doong Cave ini pertama kali ditemukan 3 dekade yang lalu, secara tidak sengaja oleh seorang petani setempat. Pada tahun 1990, saat mencari perlindungan dari badai di hutan, Ho Khanh menemukan keajaiban alam berusia 3 juta tahun ini dan melaporkannya ke British Caving Research Association

Untuk menemukan hutan ini, Anda harus trekking melalui terowongan kolosal bawah tanah. Begitu masuk ke dalam Forest of Son Doong Cave, dari yang tadinya gelap gulita seketika akan dipenuhi dengan cahaya dan kehidupan dari dunia luar.

Pemandangan yang indah ini menjadikan Forest Soong Doong Cave sebagai hutan terindah di dunia bak negeri dongeng. Bahkan Anda akan merasa seperti berada di dunia lain jika masuk ke hutan ini.

4.Zhangjiajie National Forest China

Ilustrasi

Hutan Zhangjiajie ini merupakan hutan yang menutupi sekitar 98 persen atau lebih dari 12 ribu hektare jurang dan ngarai yang dalam. Puncaknya bertumpuk yang sering kali terselubung dalam hal mistis kabut dataran rendah.

Lebih dari 8.000 formasi pilar aneh telah menjadikan hutan di Provinsi Hunan utara ini terkenal ke penjuru dunia bahkan dijadikan sebagai Warisan Alam Dunia UNESCO.

Pilar batu pasir kuarsa khas Zhangjiejia sangat tidak biasa karena terbentuk oleh erosi akibat curah hujan yang tinggi. Ada banyak jalan setapak yang melewati taman.

Tak hanya itu, Jembatan Kaca Zhangjiajie Grand Canyon sepanjang 429,7 meter menggantung hampir 305 meter dari tanah. Pemandangan indah di hutan Zhangjiajie ini menjadikannya sebagai hutan terindah di dunia bak negeri dongeng.

5. Yili Apricot Valley China

Hutan Yilly Apricot alley ini sepeti Anda masuk ke dunia Disney. Hal itu lantaran hutan ini dipenuhi oleh pohon-pohon berbunga aprikot yang memerah.

Hutan ini terletak di Kabupaten Xinyuan, China, dekat perbatasan Kazakhstan. Lembah apricot adalah hutan aprikot terbesar di provinsi Xinjiang.

Setiap tahun, dari bulan Juni hingga September, aprikot mekar merah muda tumbuh bermunculan di antara lembah hijau yang subur dan luas.

6. Avenue of the Baobabs Madagaskar

Hanya terdapat sekitar 25 pohon di Avenue of the Baobabs. Namun jumlah yang sedikit tersebut diimbangi dengan kualitas pohon, karena kelompok kecil Adansonia grandidieri tersebut adalah pengingat warisan hutan negara pulau tersebut.

Tumbuh di jalan tanah Madagaskar barat, baobab bisa hidup hingga ribuan tahun dan tingginya bisa mencapai 100 kaki. Warga lokal menamainya renala, yang berarti ibu dari hutan.

Dulu Kawasan tersebut ditumbuhi banyak pohon. Namun seiring penyebaran populasi manusia, pohon-pohon tersebut ditebang, dan menyisakan pohon baoba yang indah.

7.Puzzlewood, Forest of Dean Inggris

Hutan Dean ini terletak di Gloucestershire barat, Inggris. Pemandangan hutan ini sangat memukau dan menjadi rumah bagi pepohonan berbonggol dan jalan setapak.

Lantaran keindahannya, Forest of Dean ini mejadi inspirasi bagi J.R.R. Tolkien saat menciptakan sebagian besar setting Middle-earth dari film The Lord of the Rings.

Jalur bebatuan berlumut yang berliku menembus hutan menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Sisa-sisa reruntuhan gua pun memberikan keistimewaan ajaib yang membuat orang-orang tersihir.

Itulah deret hutan terindah di dunia bak negeri dongeng, bahkan saat kamu mengunjunginya, terasa seperti masuk ke dunia lain. Hutan mana yang ingin kamu kunjungi?

Topik Menarik