Sayur Ares, Sayur Sejuta Manfaat

Sayur Ares, Sayur Sejuta Manfaat

Travel | BuddyKu | Kamis, 22 September 2022 - 08:00
share

MATARAM, iNewsMataram.id-Ada banyak pulau-pulau cantik yang tersebar di Indonesia. Salah satunya Pulau Lombok.

Pulau ini terkenal dengan keindahan alam yang memesona, mulai pantai, pegunungan, hingga perbukitan.

Tak heran jika banyak wisatawan yang betah berlama-lama menikmati pemandangan alamnya.

Juga tak ketinggalan kuliner khas yang ada di sana. Salah satu makanan khas yang unik dan patut dicoba, yakni sayur ares. Ada yang pernah mencobanya? Penasaran? Yuk, cari tahu tentang makanan ini.

Bahan baku sayur ares berupa pelepah atau gedebok pisang, yang masih muda. Sayuran ini dimasak dengan santan, lalu ditambah sedikit potongan daging sapi.

Bumbu yang digunakan terbuat dari rempah-rempah alami. Tapi, ada juga yang tidak memakai daging sapi. Cita rasa sayur ares ini unik, ada manis dan gurih. Juga sedikit pedas.

Sayur ares termasuk menu khas wajib yang harus ada dalam setiap perayaan. Entah itu perayaan hari besar agama seperti Maulid Nabi Muhammad saw. atau perayaan pernikahan, sunatan, selamatan, dan lain-lain.

Makanan ini juga punya banyak manfaat, loh! Serat yang terkandung dalam sayur ini sangat baik bagi penderita asam lambung.

Ditambah kaya akan zat besi tinggi dan vitamin B6 yang baik dalam memproduksi hemoglobin dan insulin tubuh.

Tidak hanya itu, kandungan oksidan polifenol dalam sayur ares juga efektif melawan aterosklerosis atau peradangan pembuluh darah. Makanya, tak heran jika sayur ini dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Jika penasaran dengan kuliner khas Lombok ini, kalian bisa menikmatinya tanpa harus membeli dengan harga yang mahal.

Satu porsi biasanya dibanderol Rp5.000 hingga Rp6.000. Tapi, kalau di luar negeri, harganya bisa jauh lebih mahal, antara Rp80.000 hingga Rp100.000. Wow! (*)

*Disunting dari berbagai macam sumber.

Topik Menarik