Sudah Ada Sejak 100 Tahun Lalu, Ini 5 Toko Roti Tertua di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Sudah Ada Sejak 100 Tahun Lalu, Ini 5 Toko Roti Tertua di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Travel | BuddyKu | Kamis, 8 Desember 2022 - 12:33
share

BOGOR, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi di Bogor adalah toko roti. Kenapa? Wisata kuliner satu ini menyuguhkan sajian roti yang berbeda dari roti pada umumnya.

Ya, kenikmatan roti di Bogor ini bisa disebut tiada duanya. Selain itu, toko roti di Bogor ini sudah berdiri sejak ratusan tahun lamanya.

Bahkan, ada yang sudah eksis sejak tahun 1920 dan hingga saat ini masih eksis berdiri bersaing dengan toko-toko roti modern.

Penasaran dengan nama tempatnya? Berikut ini 5 toko roti tertua di Bogor yang wajib Anda kunjungi, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Roti Unyil Venus

Roti Unyil Venus ini pertama kali dirintis oleh Hendra Saputra Hawidjaya sejak tahun 1992. Roti yang ditawarkan toko ini memang lain daripada yang lain karena ukurannya lebih mini dari roti kebanyakan.

Varian rasanya ada puluhan jenis, mulai dari citarasa daging, keju, coklat, abon, jagung, hingga kismis. Saking kecilnya roti ini, hanya dua kali gigitan, roti ini langsung habis dimakan.

2. Roti Tan Ek Tjoan

Roti Tan Ek Tjoan merupakan salah satu toko roti tertua di Bogor bahkan di Indonesia. Toko roti ini berdiri sejak tahun 1920.

Roti Tan Ek Tjoan masih tetap eksis di tengah persaingan kuliner modern yang makin ketat. Tidak hanya masyarakat biasa yang menyukai roti ini, bahkan wakil presiden Mohammad Hatta ternyata pernah mencicipi kenikmatan roti ini.

3. Bogor Permai

Bogor Permai sudah ada sejak tahun 1963. Toko roti Bogor Permai dirintis oleh almarhum Budianto Purbojo hingga sekarang dikelola oleh sang cucu Enrico Purbojo.

Bogor Permai tetap mempertahankan ciri khasnya dengan menyediakan aneka roti tradisional, seperti roti gambang, roti tapal kuda, roti tawar, roti keset, serta aneka
jajanan pasar.

4. Roti Lauw

Roti Lauw berdiri sejak tahun 1940-an yang dirintis oleh Lauw Eng Nio. Roti gambang Lauw sangat terkenal sekali dan menjadi kesukaan banyak orang di Indonesia, tak terkecuali orang-orang di istana kepresidenan Bogor.

Ketenaran Roti Lauw bukan saja karena cita rasanya, melainkan karena keawetannya yang sanggup disimpan selama 3 hari dan tetap tidak berubah rasanya, apalagi menjadi bulukan.

5. Roti Delicious

Roti Delicious merupakan salah satu toko roti terkenal di Bogor yang sudah berdiri sejak tahun 1940. Toko ini masih mempertahankan bentuk dan kondisi seperti awal
didirikan.

Roti di Toko Delis ini masih mengikuti resep dari zaman Belanda. Dibuat tanpa pengawet dan tanpa pelembut. Bahkan untuk memanggangnya pun masih menggunakan oven batu bata.