Midway Atoll Saksi Peperangan Amerika dan Jepang, Kini Jadi Tempat Konservasi

Midway Atoll Saksi Peperangan Amerika dan Jepang, Kini Jadi Tempat Konservasi

Travel | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 15:20
share

Midway Atoll atau Pulau Coral Midway merupakan lokasi historis yang menjadi saksi pertempuran antara Jepang dan Amerika Serikat yang bertempur saat Perang Dunia II, sekaligus menjadi lokasi titik balik pertempuran front Pasifik, Midway masuk kedalam kawasan teritoris milik Amerika Serikat, memiliki area pulau terbesar yang tersusun dari hamparan pasir. Pulau ini sangat terkenal selain dari sisi historis, juga karena bentuknya yang bundar tak sempurna dan terbagi oleh laguna atau ruang kosong yang membagi menjadi dua pulau utama.

Meskipun terletak di kawasan Amerika Utara dan Asia, Midway Atoll menjadi satu-satunya pulau yang terletak di kawasan kepulauan Hawaii yang bukan termasuk bagian dari Hawaii. Pulau Midway sendiri tidak bisa dikunjungi bebas oleh turis, daerah yang dihuni oleh sekitar 40 orang ini hanya bisa dikunjungi untuk urusan tertentu saja.

Pulau Midway sendiri memiliki sejarah yang panjang, selain karena menjadi lokasi peperangan paling penting dalam sejarah perang dunia II, pulau yang pertama kali ditemukan oleh penduduk Hawaii atau Polinesia yang saat itu sedang menjelajah perairan Pasifik meskipun klaim ini tidak bisa dibuktikan secara nyata karena tidak ada jejak-jejak sejarah yang mengacu pada kunjungan mereka.

Jadi Tempat konservasi Satwa

Kini pulau Midway menjadi area konservasi satwa liar yang dikelola oleh Amerika Serikat sebagai tempat perlindungan untuk satwa-satwa liar yang terancam punah, setidaknya ada sekitar 21 burung laut yang berjumlah kurang lebih ada 3 juta ekor secara keseluruhan termasuk burung Albatros yang terkenal dan juga bebek Laysan. Dimana saat ini bebek Laysan menjadi salah satu satwa yang terancam punah bahkan pada tahun 1911 diketahui hanya ada satu bebek Laysan betina yang tersisa di alam liar sebelum akhirnya sekitar 42 bebek di pindahkan ke pulau Midway untuk mendapatkan perlindungan.

Yang menarik adalah burung Albatros yang dikenal sebagai burung endemik pulau ini, pada tahun 2011 tercatat ada satu ekor burung yang bertelur diluar kawasan pulau Midway. Selain habitat para burung endemik, pulau ini juga menjadi rumah para satwa lain seperti Penyu Hijau dan Monk Seal (spesies anjing laut).

Topik Menarik