Nikmatnya Sego Tumpang Congor Mbok Semi, Makan di Sini Serasa di Rumah Si Mbah

Nikmatnya Sego Tumpang Congor Mbok Semi, Makan di Sini Serasa di Rumah Si Mbah

Travel | BuddyKu | Senin, 21 November 2022 - 10:40
share

Enggak hanya Soto Seger dan susu segar, Boyolali ternyata punya daya tarik kuliner lainnya nih, yaitu menu klasik bernama nasi tumpang. Salah satu penjual nasi tumpang yang unik adalah Mbok Semi.

Nasi tumpang buatan Mbok Sami terbilang unik karena sajiannya ditambah dengan irisan cingur atau congor sapi. Itulah mengapa, warungnya terkenal dengan sebutan Warung Sego Tumpang Congor Mbok Semi.

sego tumpang
Mbok Semi penjual sego tumpang. (Z Creators/Eko Haryanto)

Lokasinya ada di Bakalan, RT 02/RW 06, Tanduk, Ampel, Boyolali, Jawa Tengah . Selain punya menu yang unik, suasana warung Mbok Semi juga berbeda dengan kebanyakan warung makan lainnya loh.

Terletak di dalam gang, Mbok Semi yang sudah lebih dari 45 tahun berjualan sego tumpang congor sapi ini memanfaatkan hampir seluruh area rumahnya untuk ruang makan para pengunjung.

sayur tumpang
Tempe untuk sayur tumpang. (Z Creators/Eko Haryanto)

Jadi, saat pengunjung datang, mereka bisa makan dan menikmati hidangan yang enggak cuma di teras rumah, tapi juga bisa menikmatinya di dalam rumah, seperti di ruang tamu bahkan di pawon atau dapur yang sudah disediakan tikar, sehingga pengunjung bisa makan dengan lesehan sambil menyaksikan proses memasak.

Saat ini, Warung Sego Tumpang Congor yang setiap hari buka dari jam 07.00 pagi sampai jam 04.00 sore ini dikelola oleh Lasih (54), anak kedua dari Mbok Semi (78) sang pendiri warung.

"Proses memasak tumpang dan congor masih diawasi Mbok Semi. Bumbu dan congor sapi harus memilih yang terbaik agar rasanya tak berubah, terus masaknya wajib pakai kayu bakar mas, seperti yang diajarkan Mbok Semi," jelas Lasih.

nasi tumpang
Nasi tumpang Mbok Semi. (Z Creators/Eko Haryanto)

Kelezatan sego tumpang congor Mbok Semi nggak cuma terkenal di Boyolali saja, tetapi banyak juga pengunjung yang datang dari luar kota, seperti Jogja, Magelang, Semarang, Solo sampai Jakarta. Mereka datang ke warung ini karena sudah berlangganan sejak lama.

"Selain kangen dengan rasa masakan, kebanyakan pengunjung itu kangen dengan suasana makan di sini mas, yang seperti makan di rumahnya si Mbah. Bisa makan duduk di depan atau lesehan di pawon sambil ngobrol sama Mbok Semi kata para pengunjung itu. Biasanya, kalau ramai itu menjelang jam makan siang mas," ujar Lasih.

sego tumpang
Proses memasak sego tumpang menggunakan kayu. (Z Creators/Eko Haryanto)

Sego tumpang congor disajikan dengan isian yang lengkap, dari nasi putih yang disiram sayur tumpang dengan kuah santan pedas lengkap dengan tahu dan bumbu tempe.

Lalu ditambahkan srundeng dan irisan congor sapi. Untuk menikmati seporsi sego tumpang congor dan minuman teh hangat, kamu cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp20 ribu saja.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik!Lets join Z Creators dengan klik di sini .

Z Creators
Z Creators
Topik Menarik