40 Kata-kata dan Quotes Hari Sumpah Pemuda, Menyentuh dan Penuh Makna!

40 Kata-kata dan Quotes Hari Sumpah Pemuda, Menyentuh dan Penuh Makna!

Travel | BuddyKu | Rabu, 12 Oktober 2022 - 16:53
share

Setiap tanggal 28 Oktober 2022, Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda . Hari tersebut sangat bersejarah bagi Indonesia, di mana generasi muda menjadi tonggal untuk kemerdekaan Indonesia.

Untuk memperingati hari Sumpah pemuda, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membagikan kata-kata dan quotes Sumpah Pemuda di sosial media.

Berikut beberapa kata-kata dan quotes Hari Sumpah Pemuda.

Kata-kata Hari Sumpah Pemuda

Hari Sumpah Pemuda
Ilustrasi Hari Sumpah Pemuda (photo/unsplash/@bckfwd)

Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928 tersebut, berhasil menyatukan keyakinan para pemuda dari berbagai latar belakang daerah, suku, dan agama.

Sejak saat itu, Presiden Soekarno menetapkan 28 Oktober sebagai Hari Sumpah Pemuda. Untuk merayakannya, berikut kata-kata Hari Sumpah Pemuda yang bisa kamu bagikan.

  1. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Mulailah dari dirimu sendiri. Mulailah dari hal yang kecil. Mulailah dari sekarang.
  2. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Semoga para pemuda-pemudi Indonesia bisa menjadi penerus bangsa yang kompeten.
  3. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Kobarkan semangatmu para generasi muda untuk kemajuan Indonesia.
  4. Kemajuan suatu bangsa ada di genggaman para pemuda, Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  5. Jangan kau ucapkan mentah-mentah, bacalah, resapi, dan rasakan setiap makna dari kalimat ikrar Sumpah Pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  6. Bangkitlah pemuda! Jangan terlena dengan keadaan. Ingatlah bahwa kita masih dalam perjuangan yang sesungguhnya, tetaplah berpedoman dengan ikrar Sumpah Pemuda yang kita miliki.
  7. Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari dalam, alam akan saling bahu-membahu untuk mewujudkannya. Selamat Hari Sumpah Pemuda!
  8. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri. R. A Kartini
  9. Seorang perempuan yang mengorbankan diri untuk orang lain, dengan segala rasa cinta yang ada dalam hatinya, dengan segala bakti, yang dapat diamalkannya, itulah perempuan yang patut disebut sebagai "ibu" dalam arti sebenarnya. R. A Kartini
  10. Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. R. A Kartini
  11. Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimipilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang Bung Karno
  12. Berikan aku 1000 orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Berikan aku 1 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia Bung Karno.
  13. Kita jangan pernah mewarisi abunya sumpah pemuda, tetapi kita harus mewarisi apinya sumpah pemuda Bung Karno
  14. Kita harus bangga terlahir sebagai Indonesia. Bertanah air, berbangsa, dan berbahasa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  15. Kemajuan suatu bangsa terletak di genggaman para pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda, wahai generasi emas!
  16. Maka dengan tercapainya penyerahan kedaulatan, perjuangan belum selesai. Bung Hatta
  17. Pertahanan yang sebaik-baiknya adalah yang dilakukan dengan menyerang. - Tan Malaka
  18. Kematian adalah yang terakhir dalam waktu, tetapi sekaligus yang awal dari kekalahan. Bung Hatta
  19. Tak ada harta pusaka yang sama berharganya dengan kejujuran. Bung Hatta
  20. Perjuanganku melawan penjajah lebih mudah, tidak seperti kalian nanti. Perjuangan kalian akan lebih berat karena melawan bangsa sendiri. Bung Hatta

Quotes Selamat Ulang Tahun

Sumpah Pemuda
Ilustrasi hormat Sumpah Pemuda (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Selain kata-kata Sumpah Pemuda , kamu juga bisa membagikan quotes Sumpah Pemuda yang menyentuh dan penuh makna. Berikut beberapa quotes Sumpah Pemuda yang dapat kamu bagikan.

Untuk mencapai sesuatu, harus diperjuangkan dulu. Seperti mengambil buah kelapa, dan tidak menunggu saja seperti jatuh durian yang telah masak.

"Kita tidak akan menang bila kita masih terus mengingat semua kekalahan."

Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.

Kegelapan yang nyata bukanlah malam, tetapi perjuangan yang tidak dihargai.

Jangan kau ucapkan mentah-mentah, bacalah, resapi, dan rasakan setiap makna dari kalimat ikrar Sumpah Pemuda. Semangat Sumpah Pemuda!

Anak muda boleh pandai beretorika, tapi juga harus sadar untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat yang menjadi cita-cita.

Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun.

Makin redup idealisme dan heroisme pemuda, makin banyak korupsi yang terjadi.

Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya.

"Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemudi kita tidak bisa, jika memang mau berjuang."

Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.

Kita jangan mewarisi abunya Sumpah Pemuda, tapi kita harus mewarisi apinya Sumpah Pemuda.

Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia.

Penjagaan terbaik bagi generasi muda adalah contoh yang baik bagi generasi tua.

Kalian pemuda, kalau kalian tidak punya keberanian, sama saja dengan ternak karena fungsi hidupnya hanya beternak diri.

Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali.

Negeri ini butuh banyak pemuda pencari solusi, bukan pemuda pemaki-maki.

Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri."

Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap bisa diperbaiki dengan pengalaman, namun tidak jujur itu sulit diperbaiki.

Dalam berbicara, seseorang harus tetap berpikiran jernih, hingga dapat mencetuskan ide-ide unggul dan berakhir dengan kemenangan.

Nah, itulah kata-kata dan quotes Hari Sumpah Pemuda yang dapat kamu bagikan di sosial media. Mari haragai jasa para pahlawan!

Artikel Menarik Lainnya: