Mengetahui Keunikan Pakaian Adat ‘King Baba’ Kalimantan Barat

Mengetahui Keunikan Pakaian Adat ‘King Baba’ Kalimantan Barat

Travel | BuddyKu | Selasa, 23 Agustus 2022 - 14:58
share

Pandeglang, iNewsPandeglang.id - Terdapat keunikan pada pakaian adat Kalimantan Barat,Pakaian adat Kalimantan Barat mendapat pengaruh dari dua kebudayaan besar di Pulau Kalimantan: suku Dayakdan suku Melayu.

Keduanya memiliki keanekaragaman budaya yang memberikan corak beragam dalam pakaian adat Kalimantan Barat.

Keunikan Pakaian Adat Kalimantan Barat

Pakaian adat Kalimantan Barat terdiri atas pakaian adat untuk pria dan wanita. Biasanya dipakai dalam acara-acara resmi adat seperti pernikahan, syukuran, termasuk ritual keagamaan.

Untuk pria dari suku Dayak adalah King Baba, sedangkan untuk wanita yakni King Bibinge. Untuk suku Melayu disebut Teluk Belanga bagi pria dan Buang Kuureng atau baju kurung baik untuk pria maupun wanita.

Jenis Pakaian adat Kalimantan Barat

King Baba

King Baba adalah pakaian adat Kalimantan Barat untuk pria dari suku Dayak. King dalam bahasa Dayak artinya pakaian. Sedangkan Baba artinya laki-laki. King Baba adalah pakaian adat Kalimantan Barat dari suku Dayak untuk pria. Terbuat dari serat kayu ampuro yang merupakan pohon asli di Pulau Kalimantan.

Serat kayu tersebut dijemur hingga lentur dan dilukis dengan motif khas suku Dayak yaitu burung enggang. King Baba memiliki aksesoris pelengkap yakni ikat kepala dari bulu burung enggang dan mandau yang merupakan senjata khas suku Dayak.

Topik Menarik