5 Contoh Buku Fiksi, Pengertian, Unsur dan Ciri-Cirinya yang Perlu Diketahui

5 Contoh Buku Fiksi, Pengertian, Unsur dan Ciri-Cirinya yang Perlu Diketahui

Travel | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 18:53
share

JAKARTA, iNews.id Contoh buku fiksi ada bermacam-macam. Ini pengertian, unsur dan ciri-cirinya lengkap agar semakin mudah dipahami para pelajar.

Secara umum, jenis buku terbagi menjadi dua yaitu fiksi dan nonfiksi. Kebanyakan buku-buku seperti novel, dongeng atau cerpen banyak digemari karena ceritanya yang menarik dan bisa menyentuh emosional pembacanya.

Jika kamu suka dengan buku-buku tadi, berarti kamu menyukai buku fiksi. Lantas, apa itu buku fiksi? Berikut ulasan lengkapnya yang telah tim iNews.id rangkum.

Apakah itu Buku Fiksi?

Buku fiksi atau teks cerita fiksi adalah suatu karya sastra yang berisi cerita rekaan yang didasari imajinasi pengarangnya (bukan kejadian nyata) dan hanya berdasarkan angan-angan fantasi pengarang.

Unsur Buku Fiksi

Adapun unsur-unsur buku fiksi biasanya tidak jauh berbeda dengan unsur intrinsik untuk cerpen. Sebelum mengetahui contoh buku fiksi, ketahui unsur-unsurnya terlebih dahulu.
Adapun unsur buku fiksi terdiri atas berikut ini.

Ciri-Ciri Buku Fiksi

Dari pengertian buku fiksi sebelumnya, maka buku fiksi memiliki karakteristik yang membedakannya dari jenis buku nonfiksi. Berikut ciri-ciri buku fiksi.

  1. Imajinatif, di mana isi dari buku fiksi merupakan rekaan dari pengarang atau penulisnya
  2. Tidak ada sistematika penulisan yang baku
  3. Penulisan bahasanya konotatif atau atau makna yang ditambahkan dan tidak berdasarkan kejadian sebenarnya
  4. Umumnya menyasar ke emosi pembaca
  5. Berbentuk cerpen atau novel

Contoh Buku Fiksi

Berikut 5 contoh buku fiksi dan penjelasannya.

Salah satu contoh buku fiksi yang pertama dan banyak digemari adalah novel. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), novel adalah karangan prosa yang panjang.

Buku novel biasanya berisikan karangan-karangan tentang kehidupan seseorang yang ditulis panjang dan kompleks. Buku novel memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam penulisannya.

Unsur intrinsik novel meliputi tema, alur cerita, latar, sudut pandang, tokoh, gaya bahasa, dan amanat. Sedangkan unsur ekstrinsik novel meliputi unsur-unsur yang diluar kepenulisan, seperti latar belakang penulis.

Contoh buku novel antara lain Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi, dan Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer.

Contoh buku fiksi berikutnya adalah cerpen (cerita pendek). Cerpen termasuk dalam karya fiksi karena berisikan karangan atau khayalan penulisnya.

Cerpen termasuk prosa yang ceritanya tidak nyata dan tidak berdasarkan pada fakta. Gaya penulisan cerpen adalah bersifat naratif, namun tetap mengandung dinamika konflik dalam ceritanya.

Beberapa contoh cerpen di antaranya adalah Kemarau karya Andrea Hirata, Dunia Gorda karya Seno Gumira Ajidarma, dan Kado Istimewa karya Jujur Prananto, dan masih banyak lagi.

Tak sedikit orang yang menyukai buku fiksi dengan detail visual yang menarik, seperti komik. Komik adalah karangan fiksi dalam sebuah buku yang mengkombinasikan teks dan gambar, sehingga pembaca menjadi lebih terhibur.

Adapun unsur-unsur dalam buku komik meliputi tema, penokohan, alur, moral, dan gambar serta gaya bahasa. Contoh buku komik di antaranya Komik Detective Conan, Komik Naruto, Komik One Piece, Komik Doraemon, dan lain-lain.

Contoh buku fiksi selanjutnya adalah dongeng. Dongeng banyak digemari oleh anak-anak karena berisikan cerita atau karangan yang memang ditujukan untuk anak-anak.

Contoh buku dongeng diantaranya adalah Dongeng si Kancil, Dongeng Malin Kundang, Dongeng Timun Mas, Cerita Dewa Zeus, Cerita rapunzel, Pinokio, dan masih banyak lagi.

Contoh buku fiksi yang terakhir adalah Cergam atau cerita bergambar. Cergam berbeda dengan komik. Komik berisikan gambar-gambar yang menggambarkan setiap detail cerita dengan sangat jelas, sedangkan cergam tersusun atas narasi dan gambar hanya sebagai pelengkap saja.

Adapun contoh-contoh cergam diantaranya Buku si Cacing, Kampungan Romansa, dan lain-lain.

Itulah dia contoh buku fiksi lengkap dengan pengertian, unsur, dan cirinya. Jadi, buku yang mana nih yang biasa kalian baca?

Topik Menarik