Mengenal Adat Istiadat Unik dan Terkenal di Lampung

Mengenal Adat Istiadat Unik dan Terkenal di Lampung

Travel | BuddyKu | Senin, 8 Agustus 2022 - 14:52
share

JAKARTA, iNews.id - Adat istiadat unik dan terkenal di Lampung cukup menarik untuk kita ulas. Terlebih jika kamu sedang liburan atau berencana tinggal di wilayah Lampung dengan waktu yang lama.

Lampung merupakan provinsi yang terletak paling selatan pulau Sumatera. Provinsi ini dihuni oleh beragam suku bangsa di Indonesia. Hal tersebut juga yang membuat provinsi yang dikenal dengan julukan Sang Bumi Ruwa Jurai.

Beragam kuliner hingga beragam kebudayaan dan tradisi ada di Lampung. Penasaran seperti apa? Ini adat istiadat unik dan terkenal di Lampung:

1. Gawi

Adat istiadat unik dan terkenal di Lampung yang pertama adalah Gawi atau Begawi. Tradisi Gawi atau Begawi dilaksanakan untuk ritual kehidupan, di antaranya kelahiran anak, menjelang dan saat pernikahan hingga pemberian gelar adat Begawi Cakak Pepadun.

Untuk tradisi Gawi tak semua orang atau warga setempat yang bisa mengadakan perayaan tersebut. Biasanya, hanya masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi menengah ke atas atau mereka yang mampu bisa melaksanakannya. Hal ini karena biaya pelaksanaan acara adat Gawi atau Begawi ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

2. Tayuhan

Tayuhan,
Tayuhan, Adat istidadat Lampung (Istimewa)

Perayaan adat yang satu ini diadakan oleh keluarga besar dalam rangka pernikahan, khitan, pembangunan rumah, maupun perayaan kesuksesan panen. Peralatan yang dibutuhkan saat tayuhan di antaranya seperti tandang bulung, kecambai, nyani buwak, begulai, nyekhallai siwok, dan khambak bebukha.

Penggunaan alat-alat ini akan disesuaikan dengan gelar adat yang dimiliki. Selain itu, pihak kerabat juga memberikan bantuan seperti berbagai bahan makanan mentah atau makanan yang sudah siap saji.

3. Djujor

Djujor merupakan salh satu ritual adat pernikahan di Lampung. Muli atau gadis akan diambil oleh mekhanai atau pria bujang untuk dijadikan sebagai istri.

Dalam adat pernikahan ini, sang mekhanai dan keluarganya harus membayar bandi lunik atau mahar kepada wali sang muli. Muli juga memiliki permintaan yang disebut kiluan yang menjadi haknya dan harus dipenuhi mekhanai. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk pelaksanaannya, yaitu secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan.

Cara sembunyi atau sabambangan, yaitu ketika si pria melarikan si gadis pujaan hati ke rumahnya. Sesampainya di rumah si pria, kepala adat akan melaporkannya pada keluarga si gadis bahwa anak mereka hilang karena bertujuan untuk dipersunting.

Sedangkan, cara tekahang atau terang-terangan, yaitu si pria langsung mendatangi kediaman si gadis dan melamarnya. Terdapat juga keharusan untuk membawa 24 macam kue adat kepada keluarga si gadis. Mahar harus dibayarkan kepada kepala adat pihak si gadis secara kontan.

4. Balimau

Ilustrasi
Ilustrasi pelaksanaan tradisi balimau (Foto: Antara)

Tradisi ini sebenarnya dapat dikatakan berasal dari Minangkabau, namun juga dilakukan oleh masyarakat yang ada di Lampung. Menjelang bulan suci Ramadhan, masyarakat akan melakukan ritual Balimau atau mandi dengan jeruk nipis.

Selain jeruk nipis, bahan-bahan lain, seperti bunga kenanga, daun pandan, dan akar gambelu juga ditambahkan. Bagi masyarakat lokal, ritual ini menjadi wujud pembersihan jiwa dan raga sebelum memasuki bulan Ramadan.

5. Ngumbai Lawok

Ngumbai
Ngumbai Lawok (Istimewa)

Adat istiadat unik dan terkenal di Lampung selanjutnya adalah Ngumbai Lawok. Upacara adat yang satu ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur para nelayan karena melimpahnya hasil laut. Selain itu, mereka juga memohon keselamatan dan perlindungan dari sang pencipta ketika mereka berlayar.

Cara pelaksanaannya adalah dengan menghanyutkan kepala kerbau yang telah disembelih ke laut sebagai simbol pengorbanan. Ritual unik yang satu ini mampu menarik minat wisatawan yang berkunjung ke Lampung.

6. Ngambabekha

Ritual unik bernama Ngambabekha ini dilakukan pada saat pembukaan hutan yang akan digunakan sebagai lahan perkebunan atau perkampungan masyarakat.

Masyarakat setempat meyakini bahwa hutan memiliki penunggu. Upacara ini dimaksudkan sebagai jalur perdamaian dengan penunggu hutan suapaya masing-masing tidak saling mengganggu.

Itu dia ulasan mengenai Adat Istiadat Unik dan Terkenal di Lampung. Bagaimana? Tertarik untuk menyaksikannya?

Topik Menarik