Mengenal Natto, Makanan Khas Jepang Hasil Fermentasi Kedelai

Mengenal Natto, Makanan Khas Jepang Hasil Fermentasi Kedelai

Travel | BuddyKu | Selasa, 12 Juli 2022 - 11:30
share

Kedelai yang telah terfermentasi, ternyata dapat menghasilkan makanan lainnya. Di Indonesia, makanan hasil fermentasi kedelai adalah tempe atau oncom. Di Jepang, hasil fermentasi kedelai adalah natto .

Baik tempe ataupun oncom, menjadi makanan khas Indonesia . Begitu pula di Jepang, natto juga menjadi makanan khas Jepang.

Saat ini, natto sedang ramai dicoba oleh masyarakat Indonesia dan menjadi viral di Tik Tok.Untuk mengenal lebih dalam tentang apa itu natto, INDOZONE merangkum ulasannya berikut ini.

Apa Itu Natto?

makanan khas Jepang
Ilustrasi natto (seriouseats.com)

Natto adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari fermentasi kedelai dan memiliki tekstur yang lengket, berserabut, dan berlendir. Dikarenakan ini merupakan makanan hasil fermentasi, ini menjadikan wangi natto sangat menyengat dan kurang sedap.

Hidangan Jepang ini pertama kali dijual belikan pada tahun 1800-an. Orang Jepang biasanya memakan natto dengan campuran kecap, mustard, daun bawang, atau bumbu lainnya dan disantap bersama nasi.

Kandungan Natto

makanan khas Jepang
Ilustrasi natto, makanan khas Jepang (id.pinterest.com)

Proses fermentasi yang dijalani natto , menjadikan makanan khas Jepang ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Ini karena kandungan probiotik, kalori, protein, zat besi, dan enzim nattokinase yang ada pada natto.

Probiotik dalam natto itu sendiri adalah bakteri baik yang membuat makanan lebih mudah dicerna agar lebih mudah bagi usus untuk menyerap nutrisinya.

Dalam 100 gram natto terdapat 212 kalori, protein, kalsium serta zat besi, juga 0 lemak jenuh. Maka itu, natto baik untuk seseorang yang sedang dalam program diet.

Sementara itu, kandungan enzim nattokinisme berguna sebagai antioksidan, pencernaan, dan mampu melarutkan gumpalan-gumpalan darah.

Manfaat Natto untuk Kesehatan

makanan khas Jepang
Ilustrasi natto, makanan khas Jepang (freepik.com)

Dengan kandungan tersebut, natto menjadi sangat bermnafaat bagi kesehatan. Berikut ini manfaat natto untuk kesehatan, dilansir dari healthline .

1. Baik untuk sistem pencernaan

Dengan adanya kandungan probiotik yang sebelumnya disebutkan, ini menjadikan natto baik untuk sistem pencernaan, diantaranya dapat mengurangi gas, sembelit, diare dan kembung, serta gejala radang usus.

2. Tulang jadi lebih kuat

Selain kadungan di atas, adapun kandungan dalam natto, yaitu vitamin K2 yang bermafaat bagi kesehatan tubuh. Vitamin K2 dapat memperlambat hilangnya kekuatan pada tulang akibat penuaan. Risiko patah tulang pun berkurang karena makanan khas Jepang ini

3. Sehat untuk jantung

Manfaat natto untuk kesehatan lainnya adalah natto dapat menjaga kesehatan jantung. Ini didapat dari kandungan vitamin K2 yang juga mampu membantu penurunan risiko penyakit jantung sebesar 9 persen.

4. Tingkatkan kekebalan tubuh

Natto juga kaya akan vitamin C, zat besi, dan tembaga yang semuanya berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Manfaat natto ini didapatkan juga dari kandungan lainnya, seperti Probiotik.

Cara Makan Natto

natto
Natto disantap bersama nasi putih (Wikipedia)

Karena natto cukup berlendir dan berserabut, ini menjadikan natto memiliki cara memakannya tersendiri. Berikut ini cara makan natto dengan benar:

1. Aduk dengan sumpit

Dilansir dari Spoon University, terdapat aturan umum untuk mengaduk natto, yaitu diaduk merngikuti arah jarum jam sebanyak 50 kali. Ini dilakukan agar lendir natto menjadi putih, kental, dan berbusa.

Selain itu, semakin lama natto diaduk, maka akan menjadkan natto semakin lengket, kaku, dan beraoram kuat.

Akan tetapi, jika terlalu sulit, kamu bisa mengaduknya dengan sumpit hingga tercampur rata.

2. Makan dengan mustard dan kecap asin

Natto yang dibeli biasanya sudah dilengkapi dengan mustard dan kecap asin ala Jepang. Keduanya mesti ditambahkan dalam natto agar aroma dan rasanya lebih nikmat.

Aduk kembali seluruh natto yang telah tercampur kedua saus tersebut agar semuanya tercampur rata.

3. Hidangkan bersama kondimen lain

Setelah mencampur dengan saus dan diaduk, natto dapat dimakan langsung atau dihidangkan bersama pelengkap makanan lainnya. Dalam hal ini, natto biasanya dimakan bersama nasi atau sup miso.

Adapun cara makan natto lainnya adalah dengan menjadikan natto sebagai topping roti panggang atau campuran omelete.

Itulah beberapa hal mengenai natto yang dapat kamu ketahui. Natto itu sendiri, pada dasarnya, hanya disukai oleh sebagaian warga Jepang. Ini karena bau menyengat yang dimiliki natto.

Bagi yang menyukai natto, makanan khas Jepang ini biasanya disantap saat sarapan.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik