Mencicipi Kuliner Burung Goreng Meranti, Ada Ayam-ayaman hingga Belibis

Mencicipi Kuliner Burung Goreng Meranti, Ada Ayam-ayaman hingga Belibis

Travel | BuddyKu | Senin, 11 Juli 2022 - 11:17
share

ASAHAN, celebriteis.id - Bagi Celeb Hitz yang mampir ke Meranti, ternyata bukan cuma bolunya yang terkenal. Ada kuliner burung goreng yang dijamin bikin nagih.

Adalah Warung Santoso yang berlokasi di Desa Meranti, Kecamatan Meranti, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Meski lokasinya sedikit jauh dari perkotaan, tetapi warung tersebut selalau ramai.

Burung goreng yang crunchy dengan cita rasa bumbu meresap ini jadi favorit masyarakat. Apalagi, jika sajian tersebut dinikmati dengan nasi putih selagi hangat.

Rasanya makin komplet dengan cocolan sambal kecap yang dilengkapi irisan bawang merah, tomat, dan tentu saja cabai. Diajmin mampu goyang lidah Celeb Hitz.

Jika biasanya warung-warung yang punya menu burung hanya menyediakan jenis puyuh, berebeda dengan Warung Santoso. Di sana, Celeb Hitz bisa menyicip beberapa jenis burung goreng mulai dari belibis, ruak-ruak, tiung, dan ayam-ayaman.

"Inspirasi jual burung goreng itu ya karena memang banyak yang suka nanya. Saat ini kita pakai burung belibis, ruak-ruak, ayam-ayaman, malung, dan kuceng," tutur Santoso.

Usaha warung Santoso itu rupanya sudah dijalankan secara turun temurun. Tak heran, jika kemasyurannya sudah terbukti.

Netty misalnya, seorang pelanggan setia di warung Santoso. Dia mengetahui warung burung goreng tersebut dari teman-temannya.

"Enak, rasanya gurih gitu," kata Netty.

Salah satu rahasia burung goreng Warung Santoso adalah proses mengungkep. Tak kurang dari satu jam, burung-burung yang sudah dibumbui diungkep agar bumbu menyerap dan dagingnya empuk.

Untuk menikmati sajian khas ini, Celeb Hitz tak perlu khawatir kantong jebol. Pasalnya, untuk satu porsi burung goreng dibanderol mulai harga Rp18 ribu hingga Rp70 ribu. Harga tersebut tergantung jenis burung yang dipesan.