Cara Buat Sushi Mentai Rumahan yang Enak dan Mudah, Bisa Jadi Ide Jualan

Cara Buat Sushi Mentai Rumahan yang Enak dan Mudah, Bisa Jadi Ide Jualan

Travel | BuddyKu | Kamis, 16 Juni 2022 - 21:53
share

JAKARTA, iNews.id - Cara buat sushi mentai rumahan tidak terlalu sulit untuk dikreasikan. Sushi bisa menjadi inspirasi masakan untuk ide jualan.

Seperti diketahui, sushi merupakan masakan populer asal Jepang yang terbuat dari nasi, dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, serta sayuran.

Sementara itu, mentai merupakan saus khas Jepang yang biasanya disajikan sebagai pelengkap. Saus mentai identik dengan warna kuning keemasan dan memiliki tekstur lembut.

Terbuat dari telur ikan kod atau ikan pullock yang dicampur dengan mayonaise. Saat ini juga sudah banyak yang menjual sushi mentai di toko-toko makanan Jepang hingga restoran. Tapi, sushi dan saus mentai ini bisa dibuat di rumah, lho! Bagaimana caranya?

Berikut cara buat sushi mentai rumahan seperti dirangkum pada Kamis (16/6/2022).

Bahan sushi mentai

Cara buat sushi mentai rumahan yang paling utama adalah menyiapkan bahan-bahannya. Mulai dari bahan membuat sushi, saus mentai, dan bahan pelengkapnya.

Bahan untuk membuat sushi di antaranya nasi putih bulir pendek, cuka beras, gula, garam, daging ikan salmon, mayones, hingga lembaran nori. Kemudian bahan saus mentai yakni mayones, saus tomat, tobiko, dan cabai bubuk.

Cara buat saus mentai

Cara buat sushi mentai rumahan berikutnya yakni membuat saus mentainya terlebih dulu. Jadi, ketika sushi sudah selesai dibuat, Anda tinggal menggunakan sausnya.

Buat sushi

Cara buat sushi mentai rumahan selanjutnya yakni membuat sushi terlebih dahulu. Bentuk nasi sesuai selera, kemudian beri isian sushi, serta disusun menggunakan nori.

Tata sushi mentai

Bila sudah jadi, Anda tinggal menyusun deretan sushi dan memberikan saus mentai di bagian atas sushi. Setelah itu, bagian atas sushi yang sudah dibubuhkan saus mentai bisa dibakar menggunakan blow torch hingga kecokelatan.

Resep sushi mentai rumahan:

Bahan

200 g fillet ikan salmon tanpa kulit (kualitas sashimi)
4 sdm mayonaise
4 lembar nori ukuran 20 x 20

Nasi Sushi:

1 sdm cuka beras
3/4 gula pasir
1/2 sdt garam
300 g nasi putih bulir pendek panas

Saus Mentai:

200 ml mayonaise
1 sdm saus tomat
1 sdm tobiko
1 sdt cabai bubuk/togarashi

Pelengkap:

Tobiko
Gari
Wasabi
Shoyu

Cara membuat sushi mentai rumahan:

1. Potong 1/4 bagian fillet ikan salmon, iris tipis. Potong sisa fillet ikan ke dalam ukuran memanjang sebanyak 8 pcs. Sisihkan.
2. Lalu buat sushi. Caranya, aduk rata cuka beras, gula pasir dan garam. Tuang campuran cuka ke dalam nasi panas, aduk hingga tercampur rata. Bagi nasi menjadi 4 bagian, sisihkan.
3. Setelah itu, buat saus mentai. Aduk rata semua bahan saus mentai hingga rata, sisihkan.
4. Letakkan 1 lembar nori di atas sushi, berikan 1 bagian nasi di atasnya, ratakan hingga menutupi permukaan nori. Balik nori dan nasi hingga nasi berada di bagian bawah.
5. Letakkan 2 potong ikan salmon secara memanjang di atas nori, tambahkan 1 sdm mayonaise. Gulung sushi sambil dipadatkan.
6. Susun irisan tipis ikan salmon di atas gulungan nasi. Potong sushi menjadi 8 bagian.
7. Terakhir, letakkan potongan sushi dalam piring saji, semprotkan saus mentai di atasnya. Bakar dengan blow torch hingga kecokelatan. Sajikan bersama pelengkap.

Selamat mencoba!

Topik Menarik