IKN Nusantara Jadi Pusat Perekonomian Baru, 8.000 Hektare Lahan Disiapkan untuk Pariwisata dan Hiburan

IKN Nusantara Jadi Pusat Perekonomian Baru, 8.000 Hektare Lahan Disiapkan untuk Pariwisata dan Hiburan

Travel | BuddyKu | Kamis, 9 Juni 2022 - 15:29
share

JAKARTA, iNews.id - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ditargetkan menjadi pusat perekonomian baru Indonesia. Sekitar 8.000 hektare lahan di IKN Nusantara disiapkan khusus untuk menggarap sektor pariwisata dan hiburan (entertainment & tourism).

Menurut Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara, Dhony Raharjoe, visi pemerintah bukan hanya memindahkan pusat administrasi pemerintahan, namun juga menjadikan ibu kota baru sebagai generator atau pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Dhony menjelaskan, selain membangun pusat pemerintahan, sektor pariwisata dan hiburan juga bakal digarap di IKN Nusantara. Pasalnya, hal tersebut sangat potensial untuk menjadi generator ekonomi.

Kita bayangkan nantinya di kawasan ini ada lahan yang luasnya kurang lebih 8.000 hektare bakal menjadi sebuah generator ekonomi di bidang tourims, ujar Dhony dalam konferensi pers, di Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Dhony menjelaskan, nantinya penggarapan sektor tersebut tidak kalah dengan dengan taman hiburan, seperti Disneyland, yang ada di negara-negara maju, seperti di Jepang. Namun Dhony merumuskan konsep yang berbeda dalam pembangunan kawasan pariwisata dan hiburan di IKN Nusantara.

Kalau misalnya di Amerika ada Disneyland, di Jepang juga, kenapa di kita tidak ada Disneyjungle, semacam kegiatan entertain dengan hutan, kata Dhony.

Dia mengungkapkan, pembangunan sektor pariwisata tersebut cukup mendukung dari segi geografis letak yang ditentukan. Memiliki lahan yang cukup luas 8.000 hektare, yang juga berada di hutan.

Kebetulan memang didesain yang bersebelahan dengan kawasan hutan, tutur Dhony.

Topik Menarik