Peta ASEAN Beserta Kondisi Geografis, Iklim, dan Sumber Daya Alamnya

Peta ASEAN Beserta Kondisi Geografis, Iklim, dan Sumber Daya Alamnya

Travel | indozone.id | Rabu, 13 April 2022 - 11:52
share

Organisasi Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) pertama kali dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. Pada saat itu, deklarasi ini diwakili oleh tokoh dari 5 negara, diantaranya Indonesia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Malaysia.

Organisasi ini beranggotakan 10 negara dari satu kawasan yakniAsia Tenggara dan didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan stabilitas ekonomi, sosial, kebudayaan, perdamaian serta untuk menangani perbedaan antar anggota.

Namun, bagaimana sebenarnya ASEAN ini di dalam peta dan bagaimana kondisi geografisnya? Simak ini!

Peta ASEAN

Peta ASEAN
Peta ASEAN (freepik.com)

Dapat dilihat dari gambar di atas terdapat 10 negara yang menjadi anggota di peta ASEAN diantaranya adalah Myanmar, Vietnam, Laos, Cambodia, Brunei Darussalam, Philipines, Malaysia, Singapore, Thailand, Indonesia.

Jika dilihat dari sisi geografisnya, wilayah ASEAN memiliki luas sebesar 2.257.000 km2 di letak koordinat 29,1 LU - 11 LS dan 92 BT - 141 BT. Sederhananya, ASEAN terletak diantara 2 samudera, yaitu Pasifik dan Hindia dan dua 3 benua, yaitu Asia, Australia, dan Amerika.

Di sisi lain, batas negara ASEAN apabila di ukur dengan mata angin bersebelahan dengan berbagai Daratan dan Samudera.

Di sisi utara, ASEAN bersebelahan dengan Daratan China, di sisi selatan ASEAN bersebelahan dengan Samudera Hindia dan Timor Leste, di sisi timur ASEAN bersebelahan dengan Samudera pasifik dan Papua New Guinea, dan di sisi barat ASEAN bersebelahan dengan Samudera Pasifik dan India.

Kondisi Sumber Daya Alam Negara ASEAN

peta ASEAN
Ilustrasi Sumber Daya Alam (unsplash.com/@mhammel)

Di wilayah negara ASEAN yang mencakup Asia Tenggara, potensi sumber daya alamnya tidak jauh berbeda.

Kesamaan sumber daya alam di bidang pertanian dari beberapa negara di peta ASEAN tersebut memproduksi kepala sawit, teh, karet, umbi-umbian, juga rempah-rempah. Sedangkan, di bagian pertambangan sumber daya alam ASEAN mencakup minyak bumi dan gas alam.

Uniknya, di negara Singapura dan Laos tidak begitu memiliki kesamaan sumber daya alam tersebut. Ini karena negara Singapura memiliki letak strategis sehingga menjadi pusat pelayaran Internasional dan Laos mempunyai pasokan listrik yang besar juga sumber daya alam hutan yang mendominasi.

Kondisi Iklim Negara ASEAN

peta ASEAN
Ilustrasi Iklim Negara ASEAN (unsplash.com/@dikaseva)

Iklim dinegara ASEAN itu sendiri cenderung tropis dengan kondisi dua musim, yaitu kemarau dan penghujan.

Dua musim tersebut terjadi dikarenan wilayah Asia Tenggara yang ada di garis ekuator yang berarti angin musim dari musim dari gurun-gurun di Australia berdatangan dan angin pasat dari subtropis menyebabkan tekanan udara di antara dua wilayah.

Di atas merupakan fakta mengenai peta ASEAN yang bisa kamu pahami sebagai masyarakat dari negara Indonesia.

Topik Menarik