Beasiswa Chevening dan bp Indonesia Dibuka, Beri Kuota untuk Putra-Putri Papua

Beasiswa Chevening dan bp Indonesia Dibuka, Beri Kuota untuk Putra-Putri Papua

Terkini | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 19:06
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Inggris dan bp Indonesia resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk meluncurkan Program Beasiswa Chevening/bp, yang ditujukan bagi putra-putri Papua. Program menyediakan kuota tiga kandidat Indonesia setiap tahunnya mulai 2025 hingga 2028, untuk meraih gelar S2 universitas-universitas terkemuka di Inggris.

Dengan total sembilan beasiswa yang disediakan selama empat tahun, program ini bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Papua melalui pendidikan tingkat lanjut.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste Dominic Jermey, menyatakan dukungannya terhadap program ini.

"Jika Anda bersemangat mendorong perubahan, baik di tingkat lokal maupun global, Beasiswa Chevening adalah kesempatan luar biasa. Kami berharap untuk terus memperkuat hubungan Inggris-Indonesia di berbagai bidang, termasuk pendidikan, teknologi, dan penelitian," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (27/9/2024).

Beasiswa Chevening/bp ini dirancang untuk individu yang berdedikasi untuk menciptakan perubahan positif. Sasaran program ini adalah warga negara Indonesia (WNI) yang berasal dari Papua atau memiliki garis keturunan Papua dari orang tua.

Selaras dengan misi Kedutaan Besar Inggris dan bp Indonesia dalam memperkuat pembangunan sumber daya manusia di Papua. Pelamar diharuskan memiliki setidaknya dua tahun pengalaman kerja dan gelar Sarjana.

Guna memperkenalkan beasiswa ini, tim Chevening dan bp Indonesia telah menyosialisasikan program ke Jayapura, Manokwari, dan Sorong pada 16-24 September 2024. Kunjungan tersebut bertujuan untuk memberikan sosialisasi mendalam mengenai program ini kepada masyarakat lokal dan pemangku kepentingan terkait. 

Selanjutnya: Tanggal Penting Beasiswa Chevening

Pendaftaran Beasiswa Chevening, termasuk program khusus Chevening/bp, telah dibuka sejak 6 Agustus dan akan ditutup pada 5 November 2024.

Chevening adalah program beasiswa global Pemerintah Inggris yang dibiayai oleh Foreign, Commonwealth, and Development Office (FCDO) bersama mitra organisasi lainnya. Sejak didirikan pada 1983, lebih dari 57.000 alumni dari berbagai negara, termasuk Indonesia, telah memanfaatkan beasiswa ini untuk mengembangkan karir mereka dan menjadi pemimpin masa depan. 

Alumni Indonesia Chevening di antaranya adalah tokoh-tokoh penting seperti Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan tokoh film Riri Riza.

Bagi calon kandidat yang ingin mendaftar, informasi lebih lanjut dan prosedur aplikasi dapat diakses melalui situs web resmi: chevening.org/apply. Batas waktu pendaftaran pada 5 November 2024.

Topik Menarik