Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bakal Dipisah, Apa Dampaknya?

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bakal Dipisah, Apa Dampaknya?

Terkini | okezone | Kamis, 26 September 2024 - 15:44
share

JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kabarnya akan mengalami pemisahan di era pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Menurut Pengamat Pendidikan Andreas Tambah, isu pemisahan di Kemendikbud sebenarnya isu lama yang masih terus dalam pengkajian mendalam lagi. Sampai sekarang belum ada hasil akhirnya seperti apa.

Andreas melanjutkan, jika memang Pendidikan dan Kebudayaan akan dibagi menjadi beda bagian, harus ada unsur kajian yang jelas dan memang untuk kepentingan bersama.

"Harus dari hasil kajian yang sudah dievaluasi terus-menerus sehingga untuk memajukan pendidikan ini tidak sekedar bolak-balik menyatukan, memisahkan, lalu menyatukan lagi dalam sebuah kementerian dari dulu hingga nanti,” tegasnya saat dihubungi Okezone.com, Kamis (26/9/2024).

Andreas menekankan, jika pemisahan Pendidikan dan Kebudayaan memang terjadi nantinya, tentu pemulihan birokrasi tidak akan cukup hanya satu tahun.

“Dari jadi satu atau dipecah pun itu perlu adaptasi satu tahun lebih, sehingga menurut saya nantinya kinerjanya juga bukan hasil yang bagus ya karena pasti harus beradaptasi lagi. Sehingga ini bukan keputusan yang benar-benar dipikirkan, tidak. Apabila ada perubahan sekalipun ada dampak penyelusuran yang utama juga oke, dalam pelaksanaan juga tidak terganggu, dikemudian hari akan baik kalau dengan sebuah kajian yang benar. Tetapi balik lagi kalau hanya untuk kepentingan politik dan bagi-bagi kekuasaan nah itu yang menurut saya harus dihindari,” ujarnya.

Topik Menarik