Senkom Mitra Polri Gelar Pendidikan dan Pelatihan Pemeliharaan Ketertiban Keamaanan

Senkom Mitra Polri Gelar Pendidikan dan Pelatihan Pemeliharaan Ketertiban Keamaanan

Terkini | jayapura.inews.id | Rabu, 25 September 2024 - 14:40
share

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Senkom mitra Polri Papua, dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban khusunya di wilayah 7 Papua mengadakan pendidikan dan pelatihan.

Turut hadir dalam kegiatan ini dari perwakilan senkom pusat, TNI dan Polri serta perwakilan dari masing – masing senkom yang ada di Papua Raya, meliputi Provinsi Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Barat, Papua Barat Daya dan Papua Selatan.

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Akutansi Senkom Mitra Polri Dalam Memelihara Kemanan dan Ketertiban Masyarakat”, yang dilaksanakan di aula Pondok Pesantren Al Manshurin Jayapura, Jumat 920/09/2024).

Ketua pengurus Senkom Pusat, Kombes Pol. (Purn) Supriyono mengatakan pada dasarnya senkom di bentuk untuk memabantu polri dan pada saat momen Pilkada ini senkom Pilkada bisa aman dan damai, sehingga di bentuklah pelatihan senkom yang yang terdiri dari 8 korwil se-Indonesia.

“Secara nasional dan sesuai undang undang, kita kan membantu tugas Polri, kebijakan Polri sekarang kan sebagai pendingin, sehingga di adakan pelatihan seluruh Indonesia, dan pelatihan senkom yang terakir yaitu di wilayah Papua.

Dan sesuai kewenangan senkom, secara umum senkom mempunyai beberapa tugas yaitu pencegahan tingkat kejahatan secara dini pengaman masyarakat, pengaturan lalulintas dan patroli serta ronda.

Ditambahkan bahwa senkom sendiri sudah bekerja sama dengan berbagai pihak terkait dalam rangka menciptakan stabilitas dan keamanan.

“Untuk seluruh indonesia, senkom mempunyai anggota kurang lebih 3000 anggota dan yang sudah memiliki KTA yaitu 1500 sekian,” tutupnya.

Topik Menarik