10 Situs Baca dan Download Buku Indonesia Gratis PDF

10 Situs Baca dan Download Buku Indonesia Gratis PDF

Terkini | okezone | Selasa, 24 September 2024 - 16:47
share

JAKARTA - Membaca buku adalah kegiatan yang menyenangkan, selain juga dapat menambah pengetahuan, bagi banyak orang. Apalagi di zaman sekarang sudah banyak buku digital atau e-book dan e-reader yang dapat digunakan sehingga orang tidak perlu lagi membawa buku bentuk fisik yang berat dan bisa membaca dimana saja.

Ada beragam situs yang menawarkan buku digital dengan berbagai format yang bisa ditemukan di perangkat masing-masing. Berbagai situs yang tersedia sebagian besar berbahasa Indonesia mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Keberadaan situs baca buku digital juga secara tidak langsung membantu meningkatkan minat baca masyarakat. Dengan kemudahan dalam mengaksesnya pembaca dapat membaca buku dimana saja dan kapan saja.

Lantas berikut adalah beberapa situs baca dan download buku digital Indonesia yang bisa dan mudah ditemukan

1. Google Book

Rekomendasi situs yang pertama adalah Google Book. Jika Google biasa digunakan sebagai mesin pencari, Google Book hadir menyediakan berbagai pilihan dan genre buku dengan berbagai format. Terdapat banyak buku berbahasa Indonesia dan buku pelajaran sekolah yang mungkin dapat pembaca temui pada situs ini. Namun pada situs ini tidak semua buku dapat diakses dan dibaca secara gratis, terdapat beberapa buku yang mengharuskan bayar untuk pembaca agar bisa membacanya.

Link: https://books.google.co.id/

2. iJakarta

iJakarta adalah aplikasi perpustakaan digital persembahan dinas perpustakaan dan kearsipan dki jakarta yang Menyediakan beragam kategori buku, serta menyediakan beragam cerita pendek seperti novel. Namun, karena situs ini seperti perpustakaan online, pembaca perlu mengunduh dan perlu meminjamnya terlebih dahulu jika ingin mengaksesnya. Terdapat durasi peminjaman dan setelah itu buku tidak akan bisa diakses kembali.

Link: https://ijakarta.jakarta.go.id/

3. iPusnas

Jika situs sebelumnya dikembangkan oleh Pemerintah DKI Jakarta. Situs ini dikembangkan langsung oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Pada situs ini pembaca dapat menemukan dan membaca berbagai buku dengan bahasa Indonesia. Terdapat berbagai genre dan tipe buku yang tersedia pada iPusnas ini yang bisa pembaca akses. Tetapi karena dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional maka buku-buku yang tersedia dapat diakses dengan sistem pada perpustakaan pada umumnya.

Link: https://ipusnas.id/

4. Open Library

Selanjutnya adalah situs open Library yang dapat diakses melalui openlibrary.org itu merupakan situs yang mengoleksi judul-judul buku dari Perpustakaan Congress, Amazon, dan beberapa perpustakaan jutaan judul buku yang dapat diunduh dalam bentuk Adobe tetapi juga bekerjasama dengan perpustakaan dan penerbit untuk program buku pinjaman di BookReader, PDF, dan ePub formats.

5. Project Gutenberg

Situs ini bisa diakses melalui alamat gutenberg.org. Project Gutenberg sudah ada sejak tahun 70-an dan menjadi perpustakaan digital tertua. Sejauh ini, situs ini memiliki koleksi lebih dari 50 ribu judul buku yang dapat diunduh gratis dalam berbagai format, seperti free Kindle books, ePub books, plain text files, PDFs, dan masih banyak lagi.

6. Getfreebooks.com

Getfreebooks adalah situs unduh buku gratis dan legal yang menyediakan beragam koleksi buku dari seluruh dunia. situs ini merupakan sumber referensi berharga bagi pembaca yang mencari berbagai jenis bacaan secara gratis.

7. ManyBooks.net

Manybooks milik Bruce Hartman adalah platform unduh e-book gratis sejak tahun 2005. Situs ini menawarkan lebih dari 33.000 buku yang tersedia secara gratis. Manybooks memiliki koleksi e-book dari ribuan penulis dengan beragam genre yang dapat diunduh atau dibaca secara online langsung.

8. NetGalley

Rekomendasi situs baca buku online gratis berikutnya adalah NetGalley, Dalam situs ini kamu bisa membaca buku yang masih dalam tahap produksi karena akan ada pertemuan antara penerbit, penulis dan pembaca jadi kamu bisa membaca bukunya lalu kemudian memberikan feedback berupa review yang jujur kepada penulis.

9. Amazon kindle

Dalam situs Amazone kindle pembaca bisa mencari di Amazone untuk melihat buku-buku gratis yang tersedia di Kindle. Beberapa buku yang tersedia, misalnya buku klasik karangan Jane Austen, Charles Dickens, dan James Joyce, juga beberapa buku roman, fiksi ilmiah, thriller, juga fantasi. Untuk dapat memanfaatkan situs ini, kamu harus memiliki Kindle atau perangkat yang memiliki aplikasi Kindle.

10. Wattpad

Yang terakhir adalah opsi lain ketika para pembaca ingin membaca hiburan seperti Novel. Wattpad menjadi salah satu situs andalan bagi mereka yang gemar membaca, terkhusus dalam membaca buku seperti novel, cerita pendek, buku fiksi dan lain-lain. Wattpad menyajikan banyak novel menarik dengan berbagai tema atau genre yang bisa kalian baca, seperti romantic, horror, fiksi remaja, dan sebagainya

Itulah beberapa situs baca buku dan novel Indonesia yang bisa dan mudah diakses. Membaca jadi kegiatan yang menyenangkan ketika bisa melakukannya dimana sajadankapansaja.

Topik Menarik