Putin: Rusia Tingkatkan Produksi Drone Jadi 1,4 Juta Unit Tahun Ini

Putin: Rusia Tingkatkan Produksi Drone Jadi 1,4 Juta Unit Tahun Ini

Terkini | inews | Kamis, 19 September 2024 - 22:26
share

ST PETERSBURG, iNews.id Rusia meningkatkan produksi pesawat nirawak atau drone militernya sekitar sepuluh kali lipat menjadi hampir 1,4 juta unit pada tahun ini. Presiden Vladimir Putin mengatakan, langkah itu bertujuan untuk memastikan Angkatan Bersenjata Rusia meraih kemenangan di Ukraina.

Secara total, sekitar 140.000 kendaraan udara nirawak dari berbagai jenis telah dikirimkan ke Angkatan Bersenjata pada 2023, kata Putin pada Kamis (19/8/9/2024).

Tahun ini, produksi pesawat nirawak direncanakan akan meningkat secara signifikan. Lebih tepatnya, hampir 10 kali lipat, ujarnya.

Menurut dia, pemenang perang ditentukan oleh siapa yang memiliki respons lebih cepat terhadap tuntutan akan kebutuhan drone militernya. Karena itu, Moskow akan terus memacu produksi pesawat tak berawak tersebut dengan pesat.

Sejak Rusia memulai agresi militer di Ukraina pada Februari 2022, perang tersebut sebagian besar diwarnai dengan serangan artileri dan pesawat nirawak. Serangan-serangan itu menimbulkan pertempuran yang dahsyat di sepanjang garis depan sepanjang 1.000 km yang dijaga ketat yang melibatkan ratusan ribu tentara.

Baik Rusia maupun Ukraina telah membeli pesawat nirawak di luar negeri dan meningkatkan produksi mereka sendiri. Penggunaannya untuk berbagai tujuan, mulai dari menghancurkan artileri dan persenjataan musuh, hingga menyerang infrastruktur energi dan kapal perang.

Topik Menarik