15 Contoh Bacaan Tajwid Alif Lam Syamsiah dan Penjelasannya

15 Contoh Bacaan Tajwid Alif Lam Syamsiah dan Penjelasannya

Terkini | okezone | Kamis, 19 September 2024 - 10:44
share

INILAH 15 contoh bacaan tajwid alif lam syamsiah dan penjelasannya. Alif lam syamsiah adalah hukum bacaan yang melibatkan huruf alif lam (). Hukum bacaan ini disebut juga sebagai idgham syamsiah.

Seperti telah Okezone himpun, istilah " syamsiyah " berasal dari kata "syamsun" yang berarti matahari. Huruf syamsiyah diibaratkan sebagai matahari dalam bacaan Alquran. Sementara huruf "lam" diibaratkan sebagai bintang-bintang yang terlihat di siang hari dan tidak terlihat ketika ada matahari.

Hukum huruf alif lam syamsiah berlaku jika dalam bacaan Alquran terdapat huruf alif lam () yang diikuti salah satu dari huruf alif lam syamsiah.

Adapun 14 huruf alif lam syamsiah antara lain adalah tha (), tsa (), shad (), ra (), ta (), dha (), dzal (), nun (), dal (), zai (), sin (), zha (), syin (), lam ().

Cara membaca huruf alif lam syamsiah adalah dengan memasukkan (mengidghamkan) bunyi "Al" (lam sukun) ke huruf-huruf Syamsiah sehingga bunyi lam sukunnya menghilang dan melebur dengan huruf syamsiah yang mengikutinya, seolah-olah lam sukun dibuang dan huruf-huruf syamsiah didobelkan.

Ada beberapa ciri yang mendandai sebuah bacaan Alquran terdapat hukum bacaan alif lam syamsiah di dalamnya. Dengan memahami ciri-ciri hukum alif lam syamsiah, bisa diketahui bahwa suatu bacaan mengandung hukum idgham syamsiah meski kita tidak hafal huruf alif lam syamsiah.

Adapun ciri-ciri hukum bacaan idgham syamsiah antara lain adalah bertanda tasydid. Tanda tasydid yang diberikan sebab terjadinya hukum pertemuan antara huruf hijaiyah alif lam dan huruf syamsiyah.

Sedangkan cara membacanya adalah dengan memasukkan huruf "Al" (lam sukun) ke huruf-huruf syamsiyah. Dengan begitu, bacaan lam sukun menjadu hilang dan melebur ke huruf syamsiyah yang mengikuti. Dengan kata lain bisa dianggap membuang lam sukun dan mentasydidkan huruf-huruf syamsiyah.

Contoh Bacaan Alif Lam Syamsiah di Alquran

1. Surat An-Naba Ayat 2

Cara membacanya: 'Anin nabail 'adhiim .

Penjelasan: Dalam Surat An-Naba Ayat 2 terdapat contoh alif lam syamsiah bertemu dengan huruf (Nun). Dalam potongan ayat ini Al atau Alif lam () sebelum huruf nun tidak dibaca.

2. Surat At-Thariq Ayat 1

Cara membacanya: Wassamaa i wa thaariq .

Penjelasan: Dalam Surat At-Thariq Ayat 1 terdapat dua alif lam syamsiah bertemu huruf (Sin) dan huruf (Tha). Pada ayat 1, alif lam atau Al () sebelum huruf Sin tidak dibaca.

Cara membacanya: Wa thaariq .

Penjelasan: Alif lam atau Al sebelum huruf Tha tidak dibaca.

3. Surat Al Baqarah Ayat 229

Cara membacanya: Humuddhalimuun .

Penjelasan: Dalam Surat Al Baqarah Ayat 229 terdapat contoh alif lam syamsiah bertemu huruf (Dha). Pada ayat ini alif lam atau Al () sebelum huruf Dha tidak dibaca.

4. Surat Ad-Duha Ayat 1

Cara membacanya: Wa dhuhaa .

Penjelasan: Dalam Surat Ad-Duha Ayat 1 terdapat alif lam syamsiah bertemu huruf (Dhad). Pada potongan ayat ini alif lam syamsiah sebelum huruf dhad tidak dibaca.

5. Surat Al Muddatsir Ayat 2

Cara membacanya: Qumil laila illaa qaliilaa .

Penjelasan: Dalam Surat Al Muddatsir Ayat 2, terdapat contoh alif lam syamsiah bertemu huruf (), alif lam syamsiah sebelum huruf lam tidak dibaca.

6. Surat Al Baqarah Ayat 153

Cara membacanya: Yaa Ayyuhal ladziina aamanus ta'iinuu bish shabri wa sholaati innallaaha ma'a shabirin .

Penjelasan: Dalam Surat Al Baqarah Ayat 153 terdapat alif lam syamsiah bertemu Huruf (Shad). Alif lam syamsiah sebelum huruf Shad tidak dibaca.

7. Surat Asy-Syam Ayat 1

Cara membacanya: Wa syamsi wa dhuhaaha .

Penjelasan: Dalam Surat Asy-Syam Ayat 1 terdapat contoh alif lam syamsiah bertemu huruf (Syin). Alif lam syamsiah sebelum huruf Syin tidak dibaca.

Topik Menarik