6 Juta Data NPWP Diduga Bocor, Ini Penjelasan Ditjen Pajak

6 Juta Data NPWP Diduga Bocor, Ini Penjelasan Ditjen Pajak

Terkini | okezone | Kamis, 19 September 2024 - 08:53
share

JAKARTA Direktorat Jenderal Pajak ( DJP ) Kementerian Keuangan buka suara soal kebocoran data 6 juta Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ). DJP mengaku akan mendalami peretasan data NPWP yang menyeret nama Presiden Jokowi hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani

"Terkait dengan informasi kebocoran data yang beredar, saat ini tim teknis DJP sedang melakukan pendalaman," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Kemenkeu Dwi Astuti dilansir dari Antara, Kamis (19/9/2024).

Untuk diketahui, Dugaan bocornya data NPWP mencuat usai pendiri Ethical Hacker Indonesia Teguh Aprianto mengunggah tangkapan layar situs Breach Forums.

Melalui akun X @secgron, dia menyebut 6 juta data NPWP diperjualbelikan dalam situs itu oleh akun bernama Bjorka pada tanggal 18 September 2024.

Sebanyak 6 juta data NPWP diperjualbelikan dengan harga sekitar Rp150 juta. Data yang bocor di antaranya NIK, NPWP, alamat, no hp, email, tulis akun X @secgron, Kamis (19/9/2024).

Dia pun membagikan sebagian nama pejabat yang datanya diretas oleh Bjorka. Selain Jokowi dan Sri Mulyani, dalam daftar tersebut ada nama Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka hingga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Topik Menarik