Cara Nonton Gerhana Bulan Sebagian 17-18 September Secara Online 

Cara Nonton Gerhana Bulan Sebagian 17-18 September Secara Online 

Terkini | inews | Selasa, 17 September 2024 - 17:04
share

JAKARTA, iNews.id - Para pencinta astronomi ada kabar gembira. Fenomena Gerhana Bulan parsial dan supermoon akan menghiasi langit nanti malam hingga dini hari.

Gerhana Bulan parsial dan supermoon akan terjadi secara bersamaan pada malam 17 September hingga 18 September pagi. Fenomena Gerhana Bulan parsial dapat disaksikan masyarakat di Amerika.

Selain itu, masyarakat di sebagian Antartika, Samudera Hindia bagian barat, Timur Tengah, Afrika, Eropa, Samudera Atlantik, dan Polinesia bagian timur akan menyaksikan gerhana Bulan parsial dangkal pada 17-18 September 2024, sebagaimana dikutip dari EarthSky.

Namun, penduduk di Indonesia bisa saja melihat fenomena langka ini melalui live streaming. Berikut ini daftarnya.


Cara Nonton Supermoon 17-18 September

1. The Virtual Telescope Project

Astronom Gianluca Masi dari Virtual Telescope Project di Manciano, Italia juga akan menyelenggarakan siaran langsung gerhana Bulan Super Harvest Moon. Siaran langsung proyek ini akan dimulai pada pukul 8:30 malam EDT pada tanggal 17 September (0030 GMT pada 18 September) dan akan menampilkan pemandangan Bulan melalui teleskop secara langsung selama tahapan gerhana.

2. Alder Planetarium

Planetarium Adler di Chicago juga akan menyelenggarakan siaran langsung gerhana bulan yang dimulai pukul 10 malam EDT, atau pukul 9 malam CDT waktu setempat (0100 GMT pada 18 September).

Siaran langsung Planetarium Adler akan menampilkan para pengajar astronomi yang memberikan komentar langsung tentang gerhana tersebut serta kiat-kiat bermanfaat untuk menyaksikan sendiri peristiwa tersebut.

3. Time and Date

TimeAndDate.com akan menyelenggarakan live streaming gerhana Bulan parsial mulai pukul 9 malam ET pada tanggal 17 September (0100 GMT pada tanggal 18 September).

TimeAndDate menawarkan sejumlah sumber informasi bermanfaat untuk gerhana, termasuk peta interaktif dan waktu berdasarkan lokasi Anda.

Topik Menarik