Jalani Sidang Vonis, Panca Pelaku Pembunuhan 4 Anak di Jagakarsa Mengaku Sehat Walafiat

Jalani Sidang Vonis, Panca Pelaku Pembunuhan 4 Anak di Jagakarsa Mengaku Sehat Walafiat

Terkini | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 11:44
share

JAKARTA - Terdakwa kasus pembunuhan anak kandung, Panca Darmansyah menjalani sidang beragendakan pembacaan vonis oleh Majelis hakim PN Jakarta Selatan pada hari ini, Selasa 17 September 2024. Kepada hakim, Panca mengaku sehat walafiat dan siap menjalani sidang vonis.

"Saudara Panca Darmansyah sehat?" tanya Ketua majelis hakim, Sulistyo Muhamad Dwi Putro di ruang sidang PN Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

"Sehat walafiat Yang Mulia," kata Panca.

"Baik, hari ini pembacaan putusan yah. Apapun putusannya, itu terbaik untuk kamu yah," kata hakim lagi.

"Baik Yang Mulia," jawab Panca lagi.

Berdasarkan pantauan, Panca datang ke ruang sidang pada sekira pukul 11.00 WIB dengan mengenakan kemeja putih dan celana hitam dibalut rompi tahanan Kejaksaan. Tak lama setelah Panca datang, majelis hakim pun tiba di ruang sidang utama PN Jaksel dan sidang pun digelar.

Saat ini, sidang pembacaan vonis tengah digelar di ruang sidang utama PN Jakarta Selatan dengan dipimpin Ketua Majelis Hakim, Sulistyo Muhamad Dwi Putro dan dihadiri Jaksa Penuntut Umum (JPU). Panca yang duduk di kursi terdakwa pun tampak dengan seksama mendengarkan pembacaan vonisnya itu, hadir pula tim pengacara Panca dalam persidangan tersebut.

Pada sidang sebelumnya, JPU menuntut agar Panca divonis hukuman mati. Jaksa menilai Panca secara sah dan meyakinkan telah membunuh empat anak kandungnya secara sengaja dan direncanakan sesuai dengan dakwaan kesatu, Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana.

"Kami penuntut umum dalam perkara ini menuntut supaya Majelis Hakim pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memeriksa dan mengadili perkara ini menjatuhkan pidana terhadap Panca Darmansyah dengan pidana mati," kata Jaksa saat membacakan tuntutannya di ruang sidang PN Jakarta Selatan pada Senin, 12 Agustus 2024 lalu.

Panca membunuh keempat anaknya di kontrakan miliknya di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Motifnya, cemburu dengan istrinya yang disebut-sebut memiliki pria idaman lain.

Panca membunuh empat anaknya dengan cara dibekap satu-persatu di kamar tidurnya. Usai itu, Panca sempat mencoba bunuh diri sebanyak 4 kali, hanya saja aksinya itu gagal hingga akhirnya kasus itu pun terungkap.

Topik Menarik