Ikemal Deklasikan Dukungan Bagi Paslon Mari-Yo di Pilkada Provinsi Papua 2024

Ikemal Deklasikan Dukungan Bagi Paslon Mari-Yo di Pilkada Provinsi Papua 2024

Terkini | jayapura.inews.id | Selasa, 17 September 2024 - 08:48
share

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) di Tanah Papua menggelar deklarasi dukungan untuk pasangan Matius Fakhiri - Aryoko Rumaropen (Mari-Yo) sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua 2024-2029.

Deklarasi tersebut, berlangsung di Hotel Suny Abepura dan dihadiri oleh ribuan masyarakat Maluku yang ada di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom dan Kabupaten Sarmi, Senin (16/09/2024).

Adapun isi deklarasi yang dibacakan oleh Sekretaris Umum Ikemal di Tanah Papua Harry Silooy mengatakan, dalam menyambut pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua dan sebagai Ikatan Keluarga Maluku di tanah Papua yang terus ikut berkontribusi dalam pembangunan maka kami perlu menyampaikan pernyataan secara terbuka dalam mendukung calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua tahun 2004.

"Dengan ini, kami Ikatan Keluarga Maluku di tanah Papua secara khusus di Provinsi Papua memberikan dukungan kepada bapak Matius Fakhiri dan Aryoko Rumaropen sebagai calon gubernur dan wakil gubernur provinsi Papua pada pemilihan kepala daerah serentak 27 November 2024. Demikian pernyataan ini kami buat untuk dilaksanakan dan di pertanggung jawabkan," tegasnya.

Usai deklarasi, Koordinator bidang organisasi Ikemal di Tanah Papua, Dedy Pattiwael membeberkan alasan mendukung pasangan Mari-Yo. Deklarasi ini kami lakukan secara terbuka karena beberapa paguyuban lain sudah mendukung, sebagai orang Maluku juga bertanggungjawab atas pembangunan dan juga pelaksanaan Pilkada 27 November 2024.

Kalau bicara kenapa kami mendukung pasangan Mario-Yo, lanjut Pattiwael, terlepas dari bapak Matius Fakhiri yang punya kiprah sebagai Kapolda Papua, beliau juga banyak berkontribusi kepada masyarakat Maluku.

Sementara itu, Calon Gubernur Papua, Matius Fakhiri mengatakan selama l menjadi Kapolda Papua, di bantu oleh Ikemal lewat pimpinan dan semua pengurus. Lewat kesempatan ini saya sampaikan penghargaan dan terimakasih.

"Sekaligus juga saya menyampaikan permohonan maaf selama saya menjadi Kapolda Papua, belum bisa melayani masyarakat Maluku secara keseluruhan," kata Fakhiri.

Tentunya, lanjut Fakhiri, kedepan dirinya berharap seluruh lapisan masyarakat bersatu dan bergandengan tangan menjaga kebersamaan suku, agama dan ras.

Ia mengatakan Papua adalah rumah kita bersama, tidak ada perbedaan. Mari kita jaga keharmonisan di tanah Papua, dan bergandeng tangan satu dalam tujuan membangun tanah Papua.

"Saya dan wakil saya mengucapkan terimakasih kasih kepada Ikemal yang ada di Papua mendukung kami untuk maju sebagai gubernur dan wakil gubernur Papua. Kami tidak banyak janji, tetapi kami akan melakukan," ucapnya.

Dukungan 100 persen untuk Mari-Yo

Dukungan untuk pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Matius Fakhiri - Aryoko Rumaropen (Mari-Yo) terus mengalir. 100 persen dukungan dinyatakan Ikatan Keluarga Madura (Ikama) Papua.

Ketua Ikama Provinsi Papua, H. Tajul Anwar mengatakan meskipun pihaknya tidak terlalu paham dengan politik, tapi kalau soal mendukung jangan ragukan kami.

"Anggota Ikama di Papua ada sekitar 3 ribu lebih orang, dan 100 persen siap mendukung Mari-Yo. Meskipun tempat (Posko) kami seperti ini, Insya Allah siap menangkan Mari-Yo," kata Anwar.

Ia berharap, Pilkada Papua dapat berjalan dengan aman dan lancar. Untuk itu, dirinya meminta seluruh anggota Ikama di Papua untuk tetap menjaga keamanan dan mendukung pelaksanaan Pilkada di Papua.

"Mari kita tetap jaga kebersamaan, perbedaan pendapat itu biasa, yang terpenting keharmonisan harus tetap terjaga," tutupnya.

Topik Menarik