Kenapa Ikan Aligator Dilarang Dipelihara di Indonesia? Ini Alasannya

Kenapa Ikan Aligator Dilarang Dipelihara di Indonesia? Ini Alasannya

Terkini | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 06:29
share

JAKARTA - Kenapa ikan aligator dilarang dipelihara di Indonesia? Ini alasannya yang jarang orang ketahui. Hal ini dikarenakan viralnya kasus kakek di Malang divonis 5 bulan penjara gara-gara pelihara ikan aligator.

Lantas kenapa ikan aligator dilarang dipelihara di Indonesia? Ini alasannya:

1. Dianggap Berbahaya

Mendasarkan pada UU 31/2004 yang diubah menjadi UU 45/2009 tentang Perikanan, serta Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41/2014, terdapat 152 jenis ikan yang tergolong berbahaya dan invasif. Sejak bulan Juli regulasi ini sudah disosialisasikan di masyarakat.

2. Berpotensi merusak ekosistem

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengategorikan alligator gar sebagai salah satu spesies ikan yang dilarang untuk dipelihara, diperdagangkan, atau dilepaskan di perairan Indonesia guna melindungi keanekaragaman hayati dan keseimbangan ekosistem lokal.

Sebab, ikan aligator atau alligator gar adalah spesies invasif sehingga dilarang dipelihara karena berpotensi merusak ekosistem lokal.

Lalu, ikan aligator dapat memangsa berbagai jenis ikan lokal yang mungkin tidak memiliki pertahanan yang cukup untuk menghadapi predator sekuat ini. Hal ini dapat menyebabkan penurunan populasi ikan asli, merusak rantai makanan, dan mengganggu keanekaragaman hayati perairan.

Topik Menarik