15 Contoh Bacaan Tajwid Ikhfa di Alquran Lengkap Penjelasannya

15 Contoh Bacaan Tajwid Ikhfa di Alquran Lengkap Penjelasannya

Terkini | okezone | Jum'at, 13 September 2024 - 09:13
share

INILAH 15 contoh bacaan tajwid ikhfa di Alquran lengkap dengan penjelasannya. Ikhfa termasuk ilmu tajwid. Adapun tajwid berasal dari bahasa Arab yakni Jawwada-yujawwidu-tajwid yang artinya bisa memperindah, menyempurnakan, atau memperbagus. Dalam hal ini tajwid adalah ilmu untuk memperindah bacaan Alquran.

Ilmu tajwid terbagi menjadi empat hukum bacaan, salah satunya ikhfa . Dari keempat hukum bacaan itu, ikhfa memiliki huruf hijaiyah paling banyak. Hukum bacaan ikhfa terbagi menjadi 15 huruf hijaiyah.

Ikhfa () adalah hukum bacaan ilmu tajwid yang masuk bacaan nun mati. Secara bahasa, ikhfa memiliki arti sembunyi atau samar. Sedangkan berdasarkan istilah, ikhfa memiliki arti menyamarkan bacaan nun sukun () atau tanwin () jika bertemu huruf ikhfa.

Nun sukun () atau tanwin ( ) bila bertemu huruf ikhfa maka membacanya harus samar. Melafadzkan bacaan ikhfa sama seperti melafalkan bunyi "ng" dengan panjang dua harakat atau satu alif. Huruf ikhfa harus dibaca dengan dengung atau ghunnah.

Setiap Muslim harus mengetahui 15 huruf hijaiyah yang termasuk huruf ikhfa, yakni:

(ta), (tsa), (jim), (dal) (dzal), (zai), (sin), (syin), (shod), (dhod), (tha), (dzho), (fa), (qof), dan (kaf).

Hukum tajwid ikhfa terbagi menjadi dua jenis yaitu ikhfa haqiqi dan ikhfa syafawi. Ikhfa haqiqi memiliki arti menyamarkan atau menyembunyikan nun sukun () atau tanwin ( ). Cara membacanya dengan mendengung panjang dua harakat atau satu alif.

Sementara hukum tajwid ikhfa syafawi merupakan bacaan yang mempertemukan mim sukun mim sukun () dengan huruf ba ( ). Cara membacanya dengan menawarkan mim mati dengan dengungan.

Perbedaan antara ikhfa haqiqi dan ikhfa syafawi terletak pada huruf yang mempertemukannya. Ikhfa haqiqi bertemunya nun sukun atau tanwin dengan huruf ikhfa haqiqi. Sementara ikhfa syafawi bertemunya mim sukun mim sukun () bertemu dengan huruf ba ( ).

Contoh Bacaan Tajwid Ikhfa

1. Surat Ar-Rahman Ayat 52

Fiihimaa miiin kulli faakihatin zawja.

Penjelasan: Ayat ini mengandung hukum bacaan ikhfa haqiqi, karena ada nun mati dalam bacaan "miiin kulli" bertemu huruf kaf ().

2. Surat Al Alaq Ayat 14

Alam Ya'lamm biannallaha yaraa.

Penjelasan: Ayat ini termasuk hukum tajwid ikhfa syafawi karena terdapat mim sukun () bertemu huruf ba ( ) dalam bacaan Ya'lamm biannallaha yaraa.

3. Surat Al Bayyinah Ayat 3

Fiiha kutubun qayyimah.

Penjelasan: Terdapat tanwin dhammah yang bertemu dengan huruf ikhfa (qaf), maka dibacanya menjadi fiiha kutubung qayyimah.

4. Surat An-Naas Ayat 4

Minsyarril waswaasil khan naas.

Penjelasan: Ada nun mati yang bertemu huruf ikhfa (syin), jadi cara membacanya adalah ming syarril waswasil khan naas.

5. Surat Ad-Dhuha Ayat 8

Wa wajadaka 'aa ilan fa aghnaa.

Penjelasan: Terdapat tanwin bertemu huruf ikhfa (fa), maka dibaca wa wajadaka 'aa ilang fa aghnaa.

Topik Menarik