Apa Kandungan Nutrisi pada Susu Ikan? Menu yang Masuk dalam Program Makan Gratis

Apa Kandungan Nutrisi pada Susu Ikan? Menu yang Masuk dalam Program Makan Gratis

Terkini | okezone | Rabu, 11 September 2024 - 22:20
share

RENCANA pemerintah menggunakan susu ikan sebagai alternatif susu sapi tengah ramai diperbincangkan. Rencananya susu ikan yang diperkenalkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Kementerian Koperasi dan UKM akan dimasukkan ke dalam program makan siang gratis yang digagas Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Lantas apa sebenarnya susu ikan, dan apa saja kandungan nutrisi yang ada di dalamnya?

Susu ikan yang dimaksud ini bukanlah susu yang diperah dari seekor ikan. Melainkan ekstrak protein yang diambil dari ikan. Ekstrak protein ikan yang dihasilkan diolah menjadi bubuk protein dan dicampurkan dengan bahan bernutrisi lainnya sehingga mirip dengan susu.

Ahli Diet dari Rumah Sakit Pusat Nasional, dr Cipto Mangunkusumo Jakarta, Fitri Hudayani, mengatakan susu dari ekstrak daging ikan dapat menjadi sumber protein hewani pilihan.

"Keunggulan ikan dibandingkan jenis hewan lainnya adalah ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, sehingga bermanfaat bagi kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan otak," tutur Fitri sebagaimana dilansir dari Antara, Rabu (11/9/2024).

Karena berasal dari ekstrak yang diambil dari ikan, maka susu ikan mengandung banyak protein, omega-3, DHA, EPA dan vitamin B12 yang dapat meningkatkan fungsi otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang tinggi. Selain itu, susu ikan dapat mencegah penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer atau penurunan daya ingat.

Susu ikan juga mengandung selenium yang merupakan antioksidan untuk membantu melindungi sel-sel pada tubuh dari adanya kerusakan oksidatif. Selain itu susu ikan kaya Vitamin D yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam tubuh untuk membentuk kepadatan tulang.

Topik Menarik