AWS dan XL Axiata Dorong Transformasi Digital Melalui Kemitraan Teknologi Cloud dan AI

AWS dan XL Axiata Dorong Transformasi Digital Melalui Kemitraan Teknologi Cloud dan AI

Terkini | okezone | Rabu, 11 September 2024 - 14:13
share

JAKARTAPT XL Axiata Tbk bermitra dan bersinergi dengan Amazon Web Services (AWS) dalam mengimplementasikan teknologi cloud dan kecerdasan buatan (AI) sebagai upayanya mendorong transformasi digital. Kerja sama ini merupakan bagian dari strategi XL Axiata untuk meningkatkan keandalan infrastruktur, mengoptimalkan operasional, serta memberikan layanan terbaik bagi pelanggan di era digital.

Sinergi ini terbukti memberi hasil positif bagi XL Axiata. Menurut Direktur dan Chief Enterprise Business and Corporate Affairs Officer XL Axiata, Yessie Yosetya, migrasi XL Axiata ke AWS pada 2019 lalu memungkinkan perusahaan tersebut untuk meningkatkan kapasitas dan komputasi sesuai kebutuhan, bahkan menghemat biaya.

“Adopsi cloud dari AWS membantu kami meningkatkan reliability dan menghemat biaya hingga 15-20,” ungkap Yossie pada media briefing di sela AWS Summit 2024 di Jakarta baru-baru ini.

Sinergi dengan AWS memperlihatkan upaya XL Axiata untuk mengatasi tantangan seperti silo data, keterbatasan skalabilitas, dan duplikasi data, serta mendorong pertumbuhan bisnisnya secara lebih efisien.

Di sisi lain, AWS sebagai mitra XL Axiata terus memberi dukungan dan ide-ide baru, tidak hanya dari sisi teknologi tetapi juga cara berpikir dan peluang bisnis baru.

“Kami juga menerapkan best practices dari berbagai use case kepada XL Axiata,” kata AWS Country Leader Indonesia Anthony Amni.

Salah satu fokus utama kolaborasi ini adalah pengembangan solusi AI dan Generative AI (GenAI) dengan memanfaatkan Amazon SageMaker dan Amazon Bedrock. Amazon SageMaker membantu XL Axiata membangun, melatih, dan menyebarkan model pembelajaran mesin secara efisien, sementara Amazon Bedrock memungkinkan perusahaan memanfaatkan kemampuan GenAI untuk mengotomatisasi proses bisnis yang kompleks dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.

 

Melalui integrasi ini, XL Axiata dapat mempercepat inovasi dan menawarkan layanan yang lebih relevan dan responsif bagi pelanggan. Kolaborasi ini diharapkan dapat mendukung transformasi digital XL Axiata secara berkelanjutan dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan di era digital yang semakin berkembang.

Topik Menarik