Ibu-Ibu Sahabat Jannah di Percut Seituan Curhat ke Hasan Basri Sagala

Ibu-Ibu Sahabat Jannah di Percut Seituan Curhat ke Hasan Basri Sagala

Terkini | medan.inews.id | Senin, 9 September 2024 - 20:09
share

DELISERDANG, iNewsMedan.id - Bakal calon Wakil Gubernur Sumatera Utara, Hasan Basri Sagala, menekankan pentingnya penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diinisiasi oleh masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Hasan Basri Sagala saat mengunjungi unit usaha pembuatan Tauco oleh kelompok ibu-ibu rumah tangga yang berada di kawasan Desa Sambirejo Timur, Kecamatan Percut Seituan, Deliserdang, Senin (9/9/2024).

"Saya kira pemerintah punya tugas untuk menstimulus kalau ada keinginan masyarakat terutama ibu-ibu nih, yang punya keinginan untuk mendapatkan pelatihan usaha. Pemerintah mesti memfasilitasinya dan mengajarinya," ujar Hasan.

Tidak hanya dalam persoalan memberikan pelatihan saja, Hasan mengatakan, pemerintah juga mesti mendampingi masyarakat pegiat UMKM dalam hal pengembangan usaha-usaha yang dijalankan.

Menurutnya, pengembangan usaha itu sejalan dengan sistem pemasaran dan pangsa pasarnya. Hal ini juga bakal masuk dalam program yang sudah ia siapkan bersama calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi nantinya.

"Bila perlu pemasarannya bisa menembus hingga luar Sumut nantinya. Alhamdulillah tadi saya dengar usaha Tauco ibu-ibu ini sudah sampai ada yang dijual secara online ke Pulau Jawa, bahkan sampai ke Sulawesi," kata Hasan.

"Yang terakhir memang, perlu dicari kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang bisa memberikan pengasuhan kepada bisnis ini. Agar bisa melatih lagi, bagaimana kemasannya, marketingnl dan promosinya," sambungnya.

Lebih jauh kata Hasan, pemerintah memiliki anggaran untuk UMKM. Kepala daerah mempunyai peran untuk mengkontrol anggaran supaya tepat sasaran pendistribusiannya.

Dengan adanya anggaran tersebut dan kontrol dari kepala daerah sebagai representatif pemerintah, UMKM diharapkan tetap eksis dan membantu menguatkan pembangunan ekonomi secara berjenjang.

"Sebagaimana program Pak Edy Rahmayadi pada tahun sebelumnya, mengembangkan dan menciptakan lapangan pekerjaan serta pendapatan masyarakat lewat UMKM. Terutama ibu-ibu, nih. Kalau penumbuhan ekonomi ibu-ibu ini sudah baik, maka keluarganya juga akan membaik," ucap Hasan.

Topik Menarik