Adik Kandung Puput Novel Bagikan Kronologi Penyakit sang Kakak hingga Meninggal Dunia

Adik Kandung Puput Novel Bagikan Kronologi Penyakit sang Kakak hingga Meninggal Dunia

Terkini | okezone | Senin, 9 September 2024 - 14:42
share

ADIK kandung Puput Novel, Baginda Jaya mengungkapkan kronologi meninggalnya sang kakak. Seperti diketahui, Puput Novel meninggal dunia dalam usia 50 tahun pada Minggu 8 September 2024 usai tiga tahun berjuang melawan kanker payudara.

"Kakak saya sudah kanker dari 2021, dia berjuang lawan penyakitnya dr keluarga sudah mengambil langkah medis," kata Baginda usai pemakaman di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2024).

Sayangnya, kanker itu sudah menyebar ke tubuh Puput lainnya. Sehingga dia pun mengalami komplikasi pada paru-paru dan jantung, hingga harus menjalani perawatan intensif di ICU selama empat hari.

"Kemudian komplikasi, ya memang menurut kami sudah jalannya. Dropnya bulan Agustus, lama-kelamaan dua minggu lalu sudah parah. Karena sudah mulai nggak bisa makan, minum, napas. Begitu urutannya," kata Baginda.

"Kalau yang terakhir sudah parah ya, menyebar. Jadi disebutnya komplikasi. Komplikasi di jantung lalu ke paru-paru," katanya.

Awalnya Baginda dan keluarga masih berharap usia Puput Novel panjang. Namun ternyata takdir berkata lain.

"Kondisi beliau sudah tidak sadarkan diri sejak dua hari yang lalu terus ya saya melihat awalnya ada harapan ternyata ya Tuhan berkata lain," kata Baginda.

Selama sakit, perempuan bernama asli Putri Zizi Novianti itu memang tak mau memperlihatkan dirinya tengah sakit. Sebab Puput ingin dikenal melalui bakat dan karyanya.

"Beliau tidak mau mempublikasikan sakitnya. Tertutup untuk kehidupan pribadi, banyak orang tau beliau dari karya aja. Kehidupan pribadi beliau baik susah maupun senang, memang hampir tidak pernah dipublikasikan," kata Baginda.

Saat ini jenazah Puput Novel telah dimakamkan di Pemakaman Umum Sanjaya, pada Senin (9/9/2024). Semasa hidup, Puput Novel dikenal sebagai penyanyi hits di era 1980-an. Tak hanya bernyanyi, Puput Novel juga piawai berakting hingga pernah juga menjajal jadi presenter.

Topik Menarik