Pesawat Trigana Air Tergelincir di Serui, Kapolres Yapen Ungkap Kondisi 42 Penumpang

Pesawat Trigana Air Tergelincir di Serui, Kapolres Yapen Ungkap Kondisi 42 Penumpang

Terkini | inews | Senin, 9 September 2024 - 13:34
share

JAYAPURA, iNews.id - Pesawat Trigana Air PK YSP ATR 42-500 tergelincir di Bandara Stevanus Rumbewas Kamanap, Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Senin (9/9/2024). Kecelakaan pesawat ini tidak sampai menelan jiwa meski mengundang perhatian publik.

Kapolres Kepulauan Yapen Kompol Ardyan Ukie Hercahyo menjelaskan, pesawat ini mengangkut 42 penumpang dan 6 kru. Saat akan lepas landas, pesawat tergelincir keluar landasan sejauh 20 meter.

"Alhamdulillah, semua penumpang dalam keadaan selamat dan telah dilarikan ke RS Serui untuk pemeriksaan kesehatan," kata Ardyan.

Kronologi kejadian bermula saat pesawat hendak melakukan take off menuju Jayapura. Dugaan awal menyebut adanya kendala teknis yang menyebabkan pesawat keluar dari jalur landasan. Namun penyelidikan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan ini.

"Kami sedang mendalami peristiwa ini dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang," kata Ardyan.

Menurutnya, polisi juga telah menghubungi otoritas penerbangan dan teknisi untuk memeriksa kondisi pesawat dan landasan. Investigasi menyeluruh diharapkan dapat mengungkap penyebab tergelincirnya pesawat dan memastikan langkah-langkah perbaikan di masa depan.

Informasi diperoleh, para penumpang pesawat di antaranya ada arombongan istri Pj Gubernur Papua Kerdina Ramses Limbong. Pesawat yang kecelakaan merupakan milik operator PT Trigana Air Service dengan type ATR 42-500 dan nomor registrasi PK-YSP.

Topik Menarik