Jokowi Resmikan Tol Sigli-Banda Aceh Rp13,5 Triliun

Jokowi Resmikan Tol Sigli-Banda Aceh Rp13,5 Triliun

Terkini | okezone | Senin, 9 September 2024 - 12:48
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meresmikan empat seksi Jalan Tol Sigli -Banda Aceh pada hari ini. Jalan tol yang diresmikan Jokowi meliputi seksi 2 Seulimeum Jantho sepanjang 6 kilometer (km), seksi 3 Jantho Indrapuri 16 km, seksi 5 Blang Bintang Kuto Baro 8 km, dan seksi 6 Kuto Baro Baitussalam 5 km.

Jokowi mengatakan, keberadaan infrastruktur tol akan menumbuhkan titik ekonomi dan usaha baru, serta memotivasi usaha mikro untuk melakukan perluasan usaha dan membangkitkan perekonomian di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Hari ini kita meresmikan empat dari enam seksi dari Tol Sigli - Banda Aceh sepanjang 35 km yang dibangun sejak tahun 2019, ujar Jokowi, Senin (9/9/2024).

Jokowi menambahkan, jalan tol merupakan infrastruktur penting untuk meningkatkan konektivitas, sehingga percepatan pembangunan jalan tol akan terus dilakukan, termasuk Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang nantinya akan terhubung sepanjang 2.998 Km dan akan tersambung dari Lampung sampai ke Aceh.

Kami berharap dengan adanya JTTS akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan ekonomi di Pulau Sumatera serta peningkatan efisiensi waktu tempuh dan multiplier effect, paparnya.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim menyampaikan, Jalan Tol Sigli Banda Aceh terdiri dari enam seksi dengan panjang total 74,2 km, merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang penting bagi pengembangan infrastruktur di bagian paling Barat Indonesia.

Secara keseluruhan nilai investasi pembangunan Jalan Tol Sigli Banda Aceh mencapai Rp13,55 triliun. Hingga saat ini, Hutama Karya telah mengoperasikan 49 km dari jalan tol tersebut, termasuk empat seksi yang diresmikan Presiden hari ini.

Kami juga menargetkan untuk menyelesaikan pembangunan Seksi 1 yang tersisa pada akhir tahun, sehingga jalan tol dapat segera dioperasikan sepenuhnya, katanya.

Dari empat ruas jalan tol yang diresmikan, dilengkapi berbagai fasilitas yang dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna jalan.

Topik Menarik