Alasan Polisi Hanya 1 Pelaku yang Ditahan di Kasus Pembunuhan dan Pemerkosaan Siswi SMP di Palembang

Alasan Polisi Hanya 1 Pelaku yang Ditahan di Kasus Pembunuhan dan Pemerkosaan Siswi SMP di Palembang

Terkini | okezone | Jum'at, 6 September 2024 - 14:39
share

JAKARTA Alasan polisi hanya satu pelaku yang ditahan di kasus pembunuhan dan pemerkosaan Siswi SMP di Palembang, akan diulas lengkap dalam artikel ini. Diketahui, polisi telah menangkap 4 pelaku pembunuhan sadis siswi SMP berinisial AA (13) yang jasadnya ditemukan di Kuburan China.

Keempat pelaku semuanya masih di bawah umur dengan inisial IS, NSA, MZF, dan ASA. Mereka ditangkap dalam kurun waktu dua hari.

Kapolrestabes Palembang Kombes Harryo Sugihhartono mengatakan, tiga pelaku lainnya tidak ditahan tapi dilakukan rehabilitasi. Alasannya karena ketiganya masih di bawah umur. Sementara pelaku utama IS yang juga pacar korban ditahan.

"Jadi kejadian tersebut sesuai kategori usia yang ada di antara empat tersebut IS (16) yang kita tahan karena usianya sudah 16 tahun, ketiga lainya hanya 12 tahun dan 13 tahun sebagimana Undang-undang," ujar Kombes Harryo, Jumat (6/9/2024).

Dikatakannya, rehabilitasi tersebut atas dasar permintaan dari keluarga tersangka dengan alasan keamanan karena masih di bawah umur.

"Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan karena anak di bawah umur dan sesuai koordinasi dengan Bapas guna perlindungan terhadap anak walaupun anak tersebut tersangka yang notabene di bawah umur,"tutupnya.

Atas perbuatannya, keempat tersangka akan dijerat dengan pasal-pasal terkait perlindungan anak dan pembunuhan berencana, yang membawa ancaman hukuman 15 tahun penjara atau denda maksimal Rp3 miliar.

Topik Menarik