1.000 Jemaat Gereja Katedral Ijen Ikuti Misa Agung Paus Fransiskus Lewat Siaran Langsung

1.000 Jemaat Gereja Katedral Ijen Ikuti Misa Agung Paus Fransiskus Lewat Siaran Langsung

Terkini | inews | Kamis, 5 September 2024 - 15:30
share

MALANG, iNews.id - Sebanyak 1.000 lebih jemaat Katolik akan mengikuti siaran langsung Misa Agung bersama Paus Fransiskus dari Gereja Katedral Ijen, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (5/9/2024) sore. Pihak gereja bahkan dengan menyiapkan tiga layar lebar dan tempat duduk untuk para jemaat.

Pastor Paroki Santa Perawan Maria-Katedral Malang, RD Ignasius Adam Suncoko menuturkan, ada sekitar 1.100 jemaat yang akan mengikuti Misa Agung di Gereja Katedral Ijen. Dari jumlah itu, 800 orang di dalam gereja, sedangkan sisanya 300 orang disiapkan kursi di luar gereja.

"Kurang lebih ada 1.000 umat yang datang, tidak hanya dari Kota Malang saja, juga Malang Raya, termasuk Kabupaten Malang dan Kota Batu. Jadi di Gereja Ijen ini lebih umum, bisa juga dari luar kota yang kebetulan ke Ijen. Kami menyiapkan tiga layar lebar, di dalam ada dua layar lebar dan satu layar lebar di luar gereja," ujar Ignasius Adam Suncoko, Kamis (5/9/2024).

Pelaksanaan untuk mengikuti live streaming Misa Agung di gereja-gereja ini merupakan arahan dari Paus Fransiskus yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Kegiatan ini dimulai pukul 16.30 WIB hingga selesai pukul 19.00 WIB. Nantinya di Gereja Katedral Ijen akan ada prosesi Komuni Kudus dan pengantar dari RP Teguh Kusbiantoro.

"Di hampir semua paroki mengadakan ini. Di (gereja) Jalan Raya Langsep ada, kemudian di Jalan Tidar ada, di Blimbing. Di beberapa yang ada di Malang juga mengadakan," katanya.

Selain itu, ada sekira 1.200 umat dari 31 paroki Keuskupan Malang yang berangkat ke Jakarta. Mereka akan kembali ke Malang pada Kamis (5/9/2024) malam dan diperkirakan datang kembali ke kampung Jumat (6/9/2024) siang.

Kedatangan Paus Fransiskus salah satunya diharapkan dapat terus membawa umat Katolik bersaudara dengan siapa saja, termasuk dengan lintas agama dan kepercayaan.

"Harapannya bahwa bagaimana umat Katolik itu mau bersaudara dengan siapa saja termasuk dengan lintas agama dan kepercayaan. Itu saya kira yang penting," ucapnya.

Diketahui, dari Gereja Katedral Ijen Malang ada sebanyak 60 orang yang menjadi bagian dari Keuskupan Malang berangkat ke Jakarta. Total ada 1.100 jemaat dari sejumlah wilayah mulai dari Malang raya, Pasuruan raya, Probolinggo Raya, Lumajang, Situbondo, Bondowoso, Jember, Banyuwangi dan empat kabupaten di Pulau Madura.

Topik Menarik