Apa Itu Sinkhole yang Telan Turis di Malaysia? Ketahui Cara Terbentuknya

Apa Itu Sinkhole yang Telan Turis di Malaysia? Ketahui Cara Terbentuknya

Terkini | inews | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 13:35
share

JAKARTA, iNews.id - Apa itu sinkhole? Fenomena ini menghebohkan dunia karena menelan turis di Malaysia di depan Masjid India, Kuala Lumpur.

Sinkhole atau lubang besar tiba-tiba muncul di Malaysia. Turis asal India hilang setelah jatuh ke lubang besar tersebut. Mungkin banyak yang bertanya-tanya apa itu sinkhole?

Apa Itu Sinkhole

Kata sinkhole sering digunakan untuk menggambarkan setiap lubang besar yang terbuka di tanah. The Geological Society of London mengatakan sinkhole merupakan depresi permukaan yang disebabkan pembubaran batuan yang larut pada kedalaman.

Menurut British Geological Survey (BGS), sinkhole berarti cekungan berbentuk piring biasanya disebabkan oleh runtuhnya atau penghapusan lapisan batuan yang dibutuhkan untuk mendukung lapisan permukaan material.

Tapi bentuk, ukuran dan kedalaman sinkhole dapat sangat bervariasi, tergantung pada komposisi batuan dan interaksi yang berbeda yang menyebabkannya, sebagaimana dikutip dari Thr Strait Times, Jumat (30/8/2024).

Bagaimana Sinkhole Terbentuk

Sinkhole umumnya terbentuk ketika lapisan bawah batuan pendukung secara alami dilarutkan oleh curah hujan asam atau air tanah yang beredar melaluinya. Menurut Survei Geologi AS, ini menyebabkan ruang dan gua berkembang di bawah tanah.

Ketika air tanah merembes ke dalam retakan dan kolam di bawah permukaan, air akan menghilangkan batu-batu ini dan mengarah pada pembentukan gua bawah tanah dan bukaan lainnya.

Partikel tanah juga jatuh ke dalam celah ini, memperbesar jurang dan memfasilitasi pengumpulan lebih banyak air. Menurut BGS, ketika air mengalir dari lubang yang terbentuk melalui celah atau sendi batu, ia terus melarutkan batu dan secara bertahap memperbesar depresi di permukaan.

Kemungkinan terbentuknya sinkhole juga dapat dipercepat kekeringan atau hujan lebat, serta aktivitas manusia seperti pemompaan air tanah atau konstruksi yang berat. Sisi sinkhole dapat berkisar dari lereng lembut hingga tepi hampir vertikal, dan dapat berbentuk mirip dengan cekungan seperti piring, kerucut, lubang dan poros silinder.

Topik Menarik