Mathius Fakhiri-Aryoko Rumaropen Daftar KPU Ikut Pilgub Papua, Diusung Koalisi 17 Parpol

Mathius Fakhiri-Aryoko Rumaropen Daftar KPU Ikut Pilgub Papua, Diusung Koalisi 17 Parpol

Terkini | inews | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 13:05
share

JAYAPURA, iNews.id - Mathius Fakhiri-Aryoko Rumaropen (Mari-Yo) resmi mendaftar ke KPU Papua. Mereka siap maju di Pilgub Papua 2024 dengan dukungan 17 partai politik (parpol) pengusung, salah satunya Partai Perindo.

Pasangan Mari-Yo menjadi calon gubernur dan wakil gubernur Papua pertama yang mendaftar ke KPU, Kamis (29/8/2024). Mereka diantar pimpinan belasan parpol pengusung dengan mengenakan atribut adat.

Setiba di lokasi pendaftaran, rombongan diterima Ketua KPU Papua Steve Dumbon beserta para komisioner KPU lainnya. Selanjutnya dilakukan penyerahan berkas persyaratan dan hasilnya dinyatakan lengkap untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

Selain berkas dukungan, paslon juga diverifikasi keaslian sebagai orang asli Papua oleh Majelis Rakyat Papua. Hal ini menjadi sebagai salah satu syarat untuk pencalonan sebagai kepala daerah di Provinsi Papua.

Setelah semua proses dinyatakan lengkap, Komisioner KPU kemudian memberikan surat pengantar pemeriksaan kesehatan kepada kedua paslon untuk tahapan pendaftaran berikutnya.

"Saya Matihus Fakhiri bersama Aryoko Rumaropen sudah sangat siap bertarung dalam Pilkada 2024," ujar Mathius yang merupakan mantan Kapolda Papua, Kamis (29/8/2024).

Topik Menarik