Geger Arab Saudi Mau Bangun Bioskop Megah Dekat Kakbah Tuai Kontroversi

Geger Arab Saudi Mau Bangun Bioskop Megah Dekat Kakbah Tuai Kontroversi

Terkini | okezone | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 10:24
share

ARAB Saudi merencanakan proyek pembangunan bioskop yang letaknya berdekatan dengan Kakbah di Komplek Masjidil Haram, Kota Suci Makkah.

Hal tersebut menuai kontroversi karena dianggap akan menodai kesucian Kota Makkah yang di dalamnya berdiri situs paling suci sekaligus menjadi kiblat umat muslim sedunia.

Preyek ini dibuat dengan tujuan mengembangkan fasilitas hiburan modern di negeri kaya minyak itu. Namun pembangunan ini menuai banyak kontroversi, usai direkam oleh seorang insinyur di mana video tersebut memiliki dua kubu berbeda mengenai proyek pembangunan bioskop itu.

Mengutip laman New Arab, seorang insinyur membagikan video yang membahas tentang pembangunan proyek tersebut. Proyek bioskop di Makkah, Arab Saudi, dikembangkan oleh Saudi Entertainment Ventures (Seven), yang merupakan anak perusahaan Dana Investasi Publik (PIF) milih pemerintah Saudi.

(Foto: kemenag.go.id)

Proyek hiburan ini terang saja mengundang banyak perdebatan di media sosial mengenai kelayakan pembangunan seperti itu di situs Kakbah dan Masjidil Haram, yang merupakan tempat paling suci bagi umat Islam.

Pada tahun 2023, Seven mendapatkan kontrak senilai USD2,5 miliar untuk berbagai proyek hiburan di seluruh Kerajaan. Proyek bioskop Makkah, yang bernilai 1,3 miliar riyal Saudi (USD347 juta), sedang dibangun oleh perusahaan lokal Modern Building Leaders (MBL).

Terletak di distrik Al Abidiyah dekat Universitas Umm Al-Qura di luar kompleks masjid Kakbah, proyek ini mencakup lahan seluas 80 ribu meter persegi.

Pembangunan ini menandakan adanya pergeseran budaya, di mana selama 40 tahun bioskop telah dilarang di lingkungan kerajaan. Larangan tersebut dicabut pada tahun 2018 sebagai bagian dari inisiatif Visi 2030 Putra Mahkota, Mohammed bin Salman (MbS), yang berupaya memodernisasi ekonomi dan membuka cakrawala masyarakat Saudi.

Sejak larangan tersebut dicabut, Arab Saudi dengan cepat memperluas infrastruktur fasilitas bioskop, dengan membuka banyak tempat tersebut di seluruh Kerajaan.

Video yang dibagikan oleh insinyur sebelumnya telah tersebar luas dan menuai beragam reaksi. Sebagian memuji pembangunan itu sebagai bagian dari inisiatif Visi 2030 Arab Saudi, yang bertujuan untuk mendiversifikasi ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup warga negara dan penduduk.

Sedangkan sebagian lainnya menyatakan kekhawatiran tentang kedekatan tempat itu dengan tempat-tempat suci di Makkah, mempertanyakan apakah hal itu sejalan dengan nilai-nilai agama dan budaya kota itu.

Kendati menuai kontroversi, pemerintah Saudi menegaskan komitmennya untuk memastikan pembangunan tersebut tidak akan membahayakan apalagi menodai kesucian Kota Makkah.

Para pejabat menekankan bahwa bioskop dan proyek hiburan lainnya dirancang untuk melengkapi infrastruktur modern kota itu sambil mempertahankan kepentingan keagamaannya.

Proyek bioskop di kota suci Makkah ini adalah salah satu dari beberapa pembangunan hiburan yang sedang diupayakan lingkungan kerajaan. Perusahaan itu berencana untuk menginvestasikan 50 miliar riyal Saudi di 21 destinasi hiburan terpadu di 14 kota, bagian dari strategi yang lebih besar untuk memposisikan Arab Saudi sebagai pusat budaya, hiburan, dan pariwisata pascapandemi Covid-19.

Topik Menarik