Dani Ramdan Sebut Industri Manufaktur Jadi Tulang Punggung Ekonomi Kabupaten Bekasi

Dani Ramdan Sebut Industri Manufaktur Jadi Tulang Punggung Ekonomi Kabupaten Bekasi

Terkini | inews | Kamis, 29 Agustus 2024 - 22:33
share

JAKARTA, iNews.id – Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan, menegaskan industri manufaktur menjadi sektor utama yang mendorong perekonomian di Kabupaten Bekasi. Dengan keberadaan 11 kawasan industri yang tersebar di wilayah ini, Bekasi telah menjadi pusat industri manufaktur.

Kabupaten Bekasi tidak hanya menjadi pusat industri manufaktur di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara.

“60 persen manufaktur Indonesia ada di Jawa Barat kata Dani dalam diskusi bertajuk Nusantara Maju: Dari Daerah untuk Indonesia yang disiarkan iNews.id, Kamis malam (29/8/2024).  

Diskusi digelar bersama Pengamat Komunikasi Universitas Tarumanagara, Diah Ayu Candraningrum dan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim.

Kontribusi industri manufaktur terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Bekasi sangat signifikan, mencapai 75 persen. 

Ini menjadikan sektor manufaktur sebagai pilar utama dalam perekonomian daerah. “Kontribusi industri manufaktur sudah mencapai 75 persen, sangat dominan, lainnya sektor jasa, pertanian ,” ujar Dani.

Sementara itu, sektor pertanian memberikan kontribusi sekitar 7 persen terhadap PDRB Kabupaten Bekasi. 

Meskipun relatif kecil dibandingkan dengan manufaktur, sektor pertanian tetap menjadi bagian penting dari ekonomi lokal, khususnya dalam hal ketahanan pangan dan keberlanjutan lingkungan.

Dani Ramdan menekankan bahwa ke depan, Kabupaten Bekasi akan terus memperkuat posisi sebagai pusat industri manufaktur yang unggul, sambil tetap mengembangkan sektor-sektor lainnya untuk menciptakan keseimbangan dalam perekonomian. 

Sementara itu, Pengamat Komunikasi Universitas Tarumanagara, Diah Ayu Candraningrum memberi sorotan pada sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Bekasi. Pendidikan dinilai sangat penting untuk menunjang keberlanjutan industri.

"Jadi fokus utama bagaimana caranya kualitas SDM. Karena adanya industri manufaktur tadi menjadi maju," katanya.

Topik Menarik