Siap Dukung Pengamanan VVIP HLF MSP dan KTT IAF, Kapal Perang RI Tiba di Pulau Dewata

Siap Dukung Pengamanan VVIP HLF MSP dan KTT IAF, Kapal Perang RI Tiba di Pulau Dewata

Terkini | tangsel.inews.id | Kamis, 29 Agustus 2024 - 22:00
share

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Untuk mendukung pengamanan VVIP dalam acara High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF MSP) dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia Africa Forum (IAF) Ke-2 tahun 2024, sebanyak empat Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) telah tiba di Pulau Dewata.

Kapal-kapal tersebut adalah KRI Banda Aceh (BAC)-593, KRI Teluk Cirebon (TCN)-543, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (RJW)-992, dan KRI dr. Soeharso (SHS)-990. Mereka melaksanakan debarkasi personel dan peralatan berupa Kendaraan Taktis (Rantis) dan motor kawal di Pelabuhan Tanjung Benoa, Bali, pada Rabu (28/08/2024).

Jenis-jenis Kendaraan Taktis yang diangkut dengan keempat KRI tersebut meliputi Ransus CBRNE Sprinter 516, Ransus Lidik Kizi Nubika, Ran Elf (satwa), Ranpur Anoa, Ransus Jihandak Ivader+ Bom Trailer, motor listrik (POM), motor listrik (Matan), mobil listrik (POM), Sea Rider dan truk penarik.

Selain melibatkan prajurit TNI, juga disiapkan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) canggih seperti pesawat untuk persiapan evakuasi jika terjadi bencana alam, gempa bumi, tsunami, atau kemungkinan wabah cacar monyet/Mpox. Untuk pengamanan di laut, KRI juga disiagakan guna mengamankan perairan di Selat Bali dan Selat Lombok.

Pengiriman Rantis dan motor kawal ini mencerminkan komitmen TNI dalam memastikan kelancaran dan keamanan kepala negara selama HLF MSP dan KTT IAF Ke-2, yang merupakan pertemuan internasional untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan Afrika dengan harapan membawa kemakmuran bersama.

Topik Menarik