7 Tips Tetap Segar dan Anti-bau Badan saat Cuaca Panas

7 Tips Tetap Segar dan Anti-bau Badan saat Cuaca Panas

Terkini | okezone | Kamis, 29 Agustus 2024 - 17:33
share

TINGGAL di negara panas dengan cuaca panas memang mudah membuat Anda berkeringat dan lelah. Tenang saja, simak tips agar tetap bugar dan wangi di cuaca panas berikut ini.

Kota Jakarta sedang berada di puncak musim panas, dengan sinar matahari dan kelembapan yang tinggi, cuaca menantang untuk tetap segar sepanjang hari.

Anda mungkin memulai hari dengan tampil sempurna dengan riasan, kulit mulus, dan aroma segar, T?tetapi setelah beberapa menit berjalan di bawah terik matahari atau di kereta yang penuh sesak, bau itu bisa hilang

Jadi, bagaimana caranya agar tetap sejuk dan nyaman di cuaca panas? Berikut beberapa trik yang bisa Anda coba! 

1. Pakaian yang menyerap keringat 
Saat cuaca sedang hangat, pakaian adalah kuncinya. Pilih bahan yang ringan dan menyerap keringat seperti katun, linen, chambray, atau membran. Bahan-bahan ini memungkinkan sirkulasi udara yang baik dan membantu menyerap kelembapan serta menjaga kulit tetap kering.

Jika ingin mencoba sesuatu yang lebih inovatif, Anda bisa memilih pakaian dengan teknologi pendingin, namun perlu diingat bahwa pakaian ini menyimpan minyak dan bakteri sehingga harus dicuci secara rutin. 

2. Baju warna-warni
Mengapa koleksi baju musim panas sering kali didominasi warna-warna cerah? Sebab warna cerah seperti putih atau kuning memantulkan cahaya dan panas serta menghangatkan tubuh. Sebaliknya, warna gelap menyerap panas dan terlihat seperti Anda sedang memanggang di bawah sinar matahari. Jadi, tinggalkan semua pakaian hitam dan pilih warna-warna cerah di musim panas ini.

3. Pakaian kasual
Saat cuaca memanas, gaya pakaian Anda juga harus demikian. Pakaian yang longgar dan mengalir, seperti maxi dress atau celana baggy, memungkinkan udara mengalir ke seluruh tubuh, mencegah panas terperangkap di kulit. Hindari celana ketat dan pilih pakaian yang memungkinkan Anda bernapas.

4. Jangan lupakan pelindung sinar matahari
Bukan hanya kulit saja yang butuh pelindung sinar matahari, hal-hal juga penting. Topi, kacamata hitam, dan syal tidak hanya nyaman, tetapi juga melindungi Anda dari sinar UV yang berbahaya.

Meskipun warna yang lebih terang terlihat lebih baik, warna yang lebih gelap memberikan bayangan yang lebih baik. Beberapa pakaian memiliki label UPF (Ultraviolet Protection Factor) yang menunjukkan seberapa besar perlindungan UV yang diberikannya. Untuk perlindungan optimal, pilih pakaian dengan UPF 30 atau lebih tinggi. 

 

5. Produk pendingin untuk kesegaran
Di musim panas, produk perawatan tubuh dan makanan pendingin adalah teman terbaik Anda. Misalnya sabun, sampo, dan kondisioner dengan wangi segar yang dirancang untuk memberikan kelembapan dan kesegaran selama 24 jam, sehingga Anda tetap kuat meski cuaca sedang tidak bagus.

6. Minum, minum, dan minum
Hidrasi adalah kunci untuk tetap sehat dan sejuk di musim panas. Air tidak hanya membantu mengatur suhu tubuh, tetapi juga menstabilkan suasana hati, mencegah sakit kepala, meningkatkan pencernaan, dan yang terpenting, mencegah keringat.

Sebaiknya Anda mulai minum air putih sebelum merasa haus, karena saat Anda merasa haus, tubuh Anda sudah mengalami dehidrasi.

7. Tetap bersih demi percaya diri
Di cuaca panas, tidak ada yang lebih menyebalkan selain pengap dan tidak segar. Dengan menjaga kebersihan dengan menyikat gigi dan menggunakan pasta gigi yang tidak lengket, Anda bisa tetap aman sepanjang hari.

Dengan menjaga kebersihan, kamu bisa menjalani hari tanpa khawatir dengan bau badan dan penampilan lesu.

Topik Menarik