DPR Usul Tukin PNS Dipangkas, Ini Kata Sri Mulyani

DPR Usul Tukin PNS Dipangkas, Ini Kata Sri Mulyani

Terkini | okezone | Kamis, 29 Agustus 2024 - 13:01
share

JAKARTA – Komisi XI DPR RI mengusulkan tunjangan kinerja (tukin) PNS dipangkas jika target tidak tercapai. Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dolfie Othniel Frederic Palit mengusulkan tukin kementerian/lembaga (K/L) dipotong jika tidak bisa memenuhi target sasaran pembangunan prioritas nasional.

Merespons hal itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, secara prinsip dan semangat atau spirit, pemerintah setuju untuk menerapkan stick and carrot itu.

Namun, menurut Menkeu pelaksanaannya akan sulit, karena indikator maupun target pembangunan itu banyak melibatkan K/L.

"Secara spirit dan prinsip kami menyetujui karena harusnya reward dan penalty itu adalah sesuatu yang dalam paket yang lengkap. Mungkin dari sisi pelaksanaan terutama kalau output outcome itu tidak lagi menjadi tanggung jawab dari satu K/L, tapi itu beberapa K/L," ujar Sri Mulyani, Kamis (29/8/2024).

"Katakanlah pengangguran, kemiskinan, bahkan stunting kita lihat itu biasanya dilakukan across banyak sekali K/L jadi untuk menentukan K/L mana yang paling bertanggung jawab dan kemudian porsi berapa tanggung jawabnya itu terlihat dari sisi reward yang mereka lakukan, itu mungkin akan perlu suatu kajian yang cukup serius agar jangan sampai kita membuat signal reward and punishment yang salah," jelas Menkeu.

Topik Menarik