Spesifikasi Oplet yang Antar Pramono Anung-Rano Karno Daftar Pilgub Jakarta

Spesifikasi Oplet yang Antar Pramono Anung-Rano Karno Daftar Pilgub Jakarta

Terkini | okezone | Kamis, 29 Agustus 2024 - 13:16
share

JAKARTA - Pramono Anung dan Rano Karno mendaftar mengikuti Pilkada Jakarta 2024 ke KPUD, kemarin. Uniknya, pasangan tersebut diantar oplet yang populer dalam film 'Si Doel'.

Oplet dengan kelir hitam dan biru tersebut menarik perhatian saat iring-iringan Anung-Rano mendekati KPUD Jakarta. Hal ini juga membawa kembali ingatan pada film legendaris yang diperankan oleh Rano Karno sebagai pemeran utama.

Opelet yang digunakan Pramono dan Rano ke KPUD Jakarta merupakan opelet jenis Morris Minor 1000 Traveller. Morris adalah merek asal Inggris yang sudah eksis sejak periode 1920-an. Sementara opelet yang digunakan Pramono dan Rano diproduksi pada 1957.

Dilansir dari Unique Cars and Parts, Morris Minor diproduksi dari 1948 sampai 1971. Mobil ini memiliki kemudi rack-and-pinion dan suspensi belakang independen torsion-bar. Ini membuat mobil memiliki kendali yang mulus dan halus.

Untuk mesinnya, model awal mobil ini menggunakan mesin kepala datar Seri E bertenaga rendah, serta lampu depan rendah yang tetap digunakan sampai tahun 1950 ketika mobil menjadi dua pintu, atau lebih baru, empat pintu.

Pada 1952 mesin Austin katup atas digunakan. Pada 1953 model Traveler setengah kayu diperkenalkan. Pada 1956, kapasitas mesin bertambah menjadi 948 cc dan mobil diberi lencana Minor 1000.

Ini membuat mobil dapat menempuh kecepatan tertinggi hingga 112 km/jam dan juga membuat mobil ini menonjol karena jendela belakangnya yang lebih besar pada model sedan dan kaca depan satu bagian, tak terpisah seperti sebelumnya.

Jika dilihat dari sejarahnya, Minor 1000 atau Series III keluar pada 1956-1971. Versi ini sudah mendapatkan beberapa pembaruan seperti gearbox dan mesin.

Topik Menarik