Jokowi Bertemu Paus Fransiskus pada 4 September, bakal Bahas Perdamaian

Jokowi Bertemu Paus Fransiskus pada 4 September, bakal Bahas Perdamaian

Terkini | inews | Kamis, 29 Agustus 2024 - 12:57
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan Paus Fransiskus di Istana Negara pada 4 September 2024. Dalam pertemuan tersebut, keduanya akan membahas perdamaian.

"Ya yang utamanya berkaitan dengan perdamaian, saya kira itu yang sangat penting yang akan kita bicarakan dengan beliau," kata Jokowi usai meresmikan Bendungan Leuwikeris, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (29/8/2024).

Pembahasan perdamaian tersebut, kata Jokowi, diharapkan dapat menyelesaikan konflik yang terjadi di beberapa negara misalnya Ukraina dan Gaza.

"Agar perdamaian di seluruh konflik perang yang baik yang ada di Gaza baik yang ada di Ukraina dan konflik-konflik sedang kecil lainnya yang sudah ada di beberapa negara juga bisa kita selesaikan," katanya.

Jokowi pun mengungkapkan bahwa segala persiapan sudah direncanakan dengan baik untuk menyambut Paus Fransiskus.

"Semua proses sudah direncanakan insyaallah nanti semuanya berjalan dengan baik. Karena beliau akan berkunjung ke beberapa tempat dan juga akan mengadakan Misa di Gelora Bung Karno yang akan dihadiri oleh umat katolik Indonesia," katanya.

Terkait kunjungan ke Masjid Istiqlal dan GBK, Jokowi mengaku sebisa mungkin akan menemani Paus Fransiskus dalam kunjungan tersebut.

"Ya sedapat mungkin saya akan bersama beliau," ungkapnya.

Diketahui, Paus Fransiskus melakukan kunjungan kenegaraan di Indonesia pada 3-6 September 2024. Paus akan menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka pada Rabu 4 September 2024.

"Kemudian pada tanggal 4 September akan diadakan sebagai tamu negara tentunya akan diadakan acara upacara resmi kenegaraan akan diterima oleh bapak presiden di istana merdeka. Dan juga akan kegiatan di istana negara pada tanggal 4 September," kata Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8).

Topik Menarik