Cara Menghindarkan Anak dari Virus Mpox, Orangtua Wajib Tahu!

Cara Menghindarkan Anak dari Virus Mpox, Orangtua Wajib Tahu!

Terkini | okezone | Rabu, 28 Agustus 2024 - 18:00
share

CARA menghindarkan anak dari virus mpox wajib diketahui para orangtua. Penularan penyakit ini bisa terjadi melalui kontak erat dengan cairan tubuh atau lesi kulit orang yang terinfeksi. Bahkan penularan penyakit bisa juga dari kontak tidak langsung pada benda yang terkontaminasi.

Seperti diketahui Mpox adalah nama lain dari monkey pox atau cacar monyet. Dunia internasional sudah mengubah istilah monkey pox menjadi mpox karena kasus-kasus ini tidak selalu berhubungan dengan monyet.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dr. Yudhi Pramono, mengimbau masyarakat agar tetap mewaspadai terhadap penularan virus Mpox.

“Kepada masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, menerapkan perilaku seksual yang sehat seperti tidak gonta-ganti pasangan ataupun perilaku seks sesama jenis,” ujar Yudhi.

Melansir dari akun resmi Dinkes.jakarta, Rabu (28/08/2024) seseorang yang terpapar penyakit Mpox biasanya muncul gejala seperti demam, sakit kepala hebat, nyeri otot, sakit punggung, lemas, pembengkakan kelenjar getah bening (di leher, ketiak atau selangkangan) dan ruam atau lesi kulit.

Mpox biasanya bersifat ringan dan kebanyakan orang sembuh dalam beberapa minggu, tanpa memerlukan perawatan. Anak kecil memiliki kondisi tubuh rentan dapat berisiko lebih tinggi, membutuhkan penanganan medis.

Cara Menghindarkan Anak dari Virus Mpox

1. Lindungi anak dengan membatasi kontak dengan suspek atau sudah terkonfirmasi terkena Mpox dan dengan hewan yang berisiko menularkan seperti hewan pengerat, marsupial, primata non-manusia (mati atau hidup).

2. Bersihkan dan desinfeksi lingkungan yang bisa saja terkontaminasi secara teratur.

3. Hindari mengkonsumsi atau menangani daging yang diburu dari hewan liar.

4. Biasakan mengkonsumsi daging yang sudah dimasak dengan benar atau matang.

5. Menerapkan hidup bersih dan sehat

Dengan memahami cara menghindari anak dari virus Mpox. Anda dapat berperan aktif melindungi anak Anda untuk mengurangi risiko terkena penyakit ini.

Topik Menarik