Singgung Kelas Menengah, Menko Airlangga Minta Belanja di Indonesia Saja

Singgung Kelas Menengah, Menko Airlangga Minta Belanja di Indonesia Saja

Terkini | okezone | Rabu, 28 Agustus 2024 - 15:41
share

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mendukung pertumbuhan retail UMKM lewat Program Belanja di Indonesia Saja. Pemerintah mendukung program tersebut agar bisa mendorong konsesi di dalam negeri.

Karena kelas menengah kita cukup besar ada 164 juta orang, termasuk aspiring middle class, jadi dari sisi Pemerintah tinggal mendongkrak daya beli mereka dengan berbagai program insentif atau subsidi, ujar Airlangga dalam Indonesia Retail Summit 2024 di Swissotel PIK Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Dia menyebut terdapat peningkatan jumlah pengunjung pada pusat perbelanjaan, terutama pada saat libur hari besar keagamaan dan libur sekolah.

"Ini tercermin dari peningkatan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang pada Juli 2024 berada pada level 123,4, dan ini termasuk kategori zona optimis. Mendukung hal ini, pemerintah berupaya merumuskan dan mengimplementasikan regulasi yang kondusif bagi seluruh pelaku usaha retail, baik skala besar maupun UMKM," sambung Airlangga.

Pemerintah juga menempatkan perlindungan konsumen sebagai prioritas utama dengan memastikan bahwa mereka mendapatkan produk dan layanan yang berkualitas, aman, dan sesuai dengan standar yang berlaku.

Topik Menarik